HEADLINE TOPIK:
Batik Toraja Disebut Identik dengan Batik Yogyakarta
Jumat,25 Mei 2012 | 13:45 WITA | Elis Mangesa
Kunjungan anggota DPRD Kabupaten Batang ke Tana Toraja (lis)

Dalam kunjungan anggota Komisi C DPRD Kabupaten Tatang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (25/5/12) siang tadi, ada yang menarik bagi rombongan legislator itu. Mereka mengaku heran dengan motif baju batik yang digunakan sejumlah pengawai di Pemkab Tana Toraja yang disebut memiliki motif identik dengan batik Yogyakarta.

Ketua Rombongan anggota DPRD Kabupaten Batang Nur Untung Slamet yang juga Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar mengatakan jika dirinya memperhatikan sekilas pakaian batik yang digunakan pegawai di Pemkab Tana Toraja, dinilainya sangat identik dengan motif batik dari Yogyakarta.

“Saya tadi mengira ini batik motif dari Yogyakarta, ternyata ini batik Toraja yah, memang ada kemiripan,” ujar Untung.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Kabupaten Tana Toraja Enos Karoma mengatakan bahwa motif baju batik yang digunakan pengawai di Pemkab Tana Toraja ini memang didesain oleh putra-putri Toraja yang bekerjasama dengan masyarakat pengrajin batik di Yogyakarta.

“Secara kebetulan juga ada salah satu pengusaha Batik yang ada di Yogyakarta sana yang menikah dengan Putri Toraja, maka kami melakukan kerjasama untuk membuatkan kain batik corak Toraja ini,” ujar Enos menjelaskan.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
  • Hirfan-PU