HEADLINE TOPIK:

Kanal: Info Anda

Rumah Makan Wajib Miliki Wastafel!
Minggu,16 Juni 2013 | 15:59 WITA |
Ilustrasi (int)

Oleh: Lukman Hamarong – PNS di Luwu Utara

Semua manusia pasti ingin selalu sehat dan terlihat bugar, karena dengan kesehatan jasmani, pun dengan rohani, yang kita miliki, maka segala aktifitas dalam kehidupan ini akan berbuah positif yang muaranya akan membuat semua orang di sekitar kita menjadi care dengan kita. Sebagai contoh misalnya, ketika kita ingin menyiapkan hidangan makanan kepada tamu, maka yang pertama yang harus kita tanamkan dalam kepala kita adalah bagaimana makanan ini bernilai sehat untuk dikonsumsi sang tamu. Nah, salah satu kebiasaan sehat yang perlu kita ketahui adalah mencuci tangan sebelum membuat makanan. Tangan bersih, hidangan pun yang kita sajikan insya ALLAH bernilai sehat, dan sang tamu pun terjamin kesehatannya.

Kebiasaan sepele seperti mencuci tangan ini kadang tidak diindahkan oleh sebagian orang. Padahal kebiasaan tersebut  adalah awal dari hidup yang sehat, bersih dan teratur. Pun saat mencuci tangan sebelum makan, harus senantiasa kita pelihara, karena dengan mencuci tangan sebelum makan adalah langkah awal memproteksi kuman masuk ke dalam mulut. Dari tangan yang tidak bersih inilah awal mulanya penyakit menggerogoti tubuh kita. Tanpa kita sadari, anak kita, teman kita, bahkan kita sendiri, telah memasukkan penyakit ke dalam mulut kita sendiri melalui tangan-tangan yang sudah terkontaminasi dengan berbagai macam kuman, virus dan bakteri. Itulah sebabnya kita dianjurkan mencuci tangan sebelum makan guna menjaga ke-higienis-an tangan kita. Tangan bersih, makanan yang masuk pun insya ALLAH bersih dan sehat.

Nah, beberapa waktu lalu, saya menjumpai ada dua, tiga, bahkan lebih, warung makan yang tidak dilengkapi wastafel, yaitu sebuah wadah tempat kita mencuci tangan dan membasuh wajah yang dilengkapi keran air dan sabun pencuci tangan. Sungguh saya gelisah dan takut jika harus makan dengan mengandalkan air cuci tangan yang sudah disediakan warung tersebut, tanpa mencuci tangan dengan menggunakan sabun pembersih terlebih dahulu. Penyakit typhus pernah mampir di tubuhku. Aktifitasku di kantor macet gara-gara harus bermalam di rumah sakit selama seminggu. Keluar dari rumah sakit pun tidak lantas kondisi saya sehat 100%. Saya masih butuh waktu satu hingga dua bulan untuk recovery dan mengembalikan kondisi tubuh kembali normal.

Salah satu penyebab timbulnya penyakit thypus ini adalah tangan yang tidak bersih ketika makan sehingga memudahkan bakteri masuk melalui makanan dan otomatis menyebabkan saluran pencernaan kita mengalami infeksi dan peradangan akut. Tangan yang tidak bersih ketika makan tidak hanya menyebabkan thypus, tapi juga menyebabkan penyakit lainnya seperti diare dan E-coli. Hal-hal sepele seperti mencuci tangan dengan memakai sabun ini kerap dilupakan sang pemilik warung. Harusnya mereka melayani pelanggan dengan menyiapkan wastafel agar sebelum makan, pengunjung bisa mencuci tangan terlebih dahulu guna mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh tangan kita sendiri.

Coba kita bayangkan, setiap hari kita memegang uang yang notabene benda paling kotor, serta bersentuhan dan berjabat tangan dengan orang yang kita tidak tahu riwayat kesehatannya. Belum lagi aktifitas kita yang lainnya, yang melibatkan tangan kita sebagai medianya. Dan setelah itu, kita pergi makan di warung. Sudah bisa dipastikan, kita masuk makan dengan tangan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri dan kuman. Nah, tindakan sanitasi yang paling tepat untuk mencegah keluarnya penyakit tersebut adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Hanya dengan mencuci tangan pakai sabun, tangan kita bisa steril kembali.

Melalui tulisan sederhana ini, saya mengajak para pemilik warung untuk memanjakan tamunya dengan menyiapkan wastafel. Kami tidak hanya ingin makanan dan minuman yang sehat, tapi kami juga ingin tangan kami sehat untuk menyantap hidangan kalian. Persoalan ini jangan kita sepelekan, meskipun banyak dari kita menyepelekan hal ini. Sungguh ketahuilah bahwa kebanyakan penyakit datang menghampiri kita bermula dari tangan kita sendiri yang tidak higienis, sehingga penyakit begitu mudahnya datang dan menggerogoti tubuh kita. Demi kesehatan kami, siapkan kami wastafel untuk mencuci tangan kami yang sudah pasti kotor. Bukankah MENCEGAH itu lebih baik daripada MENGOBATI…?

Lukman Hamarong

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.