HEADLINE TOPIK:
Ayo Coba Sendiri Membuat Sinole
Senin,11 November 2013 | 04:02 WITA | Muhammad Arsyad Dumpa
Sinole, makanan khas Tana Luwu (ist)
  • Mungkin, mendengar kata Sinole, bagi masyarakat umum masih terdengar asing. Makanan yang satu ini memang tidak se-populer dibandingkan dengan makanan khas Tana Luwu lainnya seperti kapurung, lawa’ atau pacco’.

    Meski begitu, Sinole tetap menjadi alternatif sajian makanan khas dari daerah ini. Apalagi jika anda sudah merasa bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja, apa salahnya menikmati makanan yang berbahan utama sagu ini.

    Untuk membuatnya sangat mudah, anda cukup menyiapkan tiga bahan makanan yakni sagu, kelapa parut dan garam. Panaskan wajan kemudian sangrai sagu diatas wajan tersebut hingga berwarna kecoklatan. Kemudian campurkan kelapa parut serta garam halus bersama sagu yang anda sangrai tadi, aduk rata sampai matang. Sinole’ buatan anda sudah bisa anda nikmati.

    Jika hasilnya masih kurang memuaskan, anda bisa banyak belajar sama orang Luwu asli, seperti penuturan Jumo’ (65), warga Belopa yang mengaku gemar membuat Sinole. “Kalau orang asli Luwu pasti tahu bikin sinole,” ujarnya.

    Nenek dengan tujuh cucu ini mengaku mewariskan cara membuat sinole pada anak hingga cucunya. Menurut dia, sinole dan kapurung menjadi makanan utama masyarakat tana Luwu pada beberapa tahun yang lalu.

    “Waktu beras masih susah, sinole dan kapurung jadi makanan pokoknya orang-orang Luwu, beda dengan sekarang sebab sudah ada beras yang menjadi makanan pokok,” tuturnya sembari mengingat-ingat masa lalunya.

    So, bagi anda yang ingin menikmati makanan asli Tana Luwu ini, silahkan coba untuk membuatnya sendiri di rumah. (b)

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.