HEADLINE TOPIK:
Patikala, Buah Asam Dengan Kandungan Gizi Tinggi
Jumat,20 Desember 2013 | 18:36 WITA | Asdhar
  • Tahukah kalian dengan buah bernama Patikala? Bagi anda warga Palopo dan sekitarnya, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Masuk dalam kelompok tumbuhan rempah, Patikala yang dikenak oleh masyarakat luas dengan nama Kecombrang ini, menjadi salah satu rempah andalan bagi warga Palopo dan sekitarnya untuk memberi rasa asam yang khas.

    Untuk makanan khas Kota Palopo dan sekitarnya seperti Kapurung, masakan Parede, Lawa’ dan sejumlah jenis makanan  lainnya, patikala sudah seperti wajib digunakan. Memberikan rasa asam yang gurih menjadi alasan warga menggunakan patikala sebagai rempah.

    Namun, tahukah kamu, jika jenis rempah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi?  Dengan nama ilmiah Etlingera Elatior, patikala memiliki kandungan tinggi zat besi yang tinggi. Selain itu, terdapat juga kandungan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.

    Dilansir dari Wikipedia.org, nilai nutrisi patikala yang diukur per 100 gram, memiliki kandungan kalsium sebanyak 32 mili gram (mg) atau setara 3 persen, dan zat besi sebanyak 4 mg (32 persen). Sementara kandungan fosfor, magnesium, kalium, dan seng, masing-masing sebesar 7 persen, 4 persen, 12 persen, dan 1 persen.

    Selain itu, Patikala juga memiliki kandungan air sebanyak 91 gram, karbohidrat sebanyak 4,4 gram, serat pangan 1,2 gram, lemak 1 gram, dan protein 1,3 gram.

    Seperti diketahui, zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Manfaat zat besi terutama untuk membawa oksigen ke sel-sel darah yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan otak, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu metabolisme, berfungsi sebagai pembentukan enzim, serta mencegah dan menyembuhkan Anemia, serta khasiat lainnya.

    Asdharpatikala

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.