HEADLINE TOPIK:
Tiap Hari Minggu, Kawasan Masjid Jami-Kodim akan Bebas Kendaraan
Kamis,16 Januari 2014 | 22:34 WITA | Hendra
  • BERITA TERKAIT

    Pemerintah Kota Palopo, Judas Amir akan mencanangkan program Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) yang akan dilaksanakan setiap hari minggu pagi. Program ini akan berlaku untuk sejumlah ruas jalan di sekitar Masjid Jami, Markas Kodim 1403 Sawerigading, hingga Lapangan Gaspa.

    Asisten II Pemkot Palopo, Burhan Nurdin mengatakan sejumlah ruas jalan akan distreilkan dari kendaraan bermotor, yakni Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Balaikota, sebagaian Jalan Opu Tosappaile, Jalan Samiun, Jalan Pattimura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini, dan sebagian Jalan Andi Djemma.

    “Selain itu kami juga mengajak para pedagang kaki lima, komunitas-komunitas hobi agar memanfaatkan jalanan kota yang bebas dari kendaraan. Kita akan mulai program ini tanggal 19 Januari, mulai pukul 06.00 sampai 09.00 pagi. Ini akan menjadi permanen tiap hari minggunya”, kata Burhan.

    Fasilitas yang disiapkan oleh Pemkot Palopo yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum antara lain spot sepakbola mini, bulutangkis, dan beberapa permainan olahraga rekreasi lainnya.

    Burhan juga mengatakan bahwa program hari bebas kendaraan bermotor ini dilakukan dalam rangka meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor bagi masyarakat Palopo. Dengan demikian maka kualitas lingkungan hidup dapat lebih terjamin.

    “Areal steril kendaraan bermotor ini akan menjadi ruang publik baru tempat berinteraksinya masyarakat khususnya anak-anak muda, yang semakin hari semakin membutuhkan ruang untuk berekspresi,” ujarnya.

    Informasi yang dihimpun, launching program Car Free Day, Minggu (19/1/14) nanti akan diramaikan dengan berbagai macam kegiatan.

     

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
  • Hirfan-PU