HEADLINE TOPIK:
Pendaftaran Online Jadi Penghambat Penerimaan Maba di STAIN Palopo
Senin,16 Juni 2014 | 16:17 WITA | Fitra Budin Akib
UM-PTAIN (int)

Pembantu Ketua I Bidang Akademik, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAIN) Palopo, Sukirman Nurjan mengaku pendaftaran nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) 2014 yang menggunakan sistem online diakuinya menjadi penghambat dalam proses penerimaan mahasiswa baru di STAIN Palopo.

Pasalnya, banyak calon mahasiswa baru (Maba) yang belum paham menggunakan sistem online. Padahal, dia menilai antusiasme masyarakat untuk mendaftar di STAIN Palopo tahun ini meningkat.

“Kami sangat bersyukur karena kampus STAIN Palopo diminati oleh masyarakat, hanya saja proses penerimaan mahasiswa kali ini menuai kendala sebab dilakukan secara online, hal ini disebabkan karena banyak calon pendaftar kami yang belum bisa menggunakan website yang disediakan sebagai wadah untuk mendaftar di kampus STAIN Palopo,” ujar Sukirman.

Meski begitu, pihak STAIN Palopo tetap memberikan solusi kepada calon Maba untuk tetap bisa mendaftar. Caranya yakni dengan menghubungi staf bagian akademik di Kampus STAIN Palopo untuk bisa dipandu proses pendaftaran secara online itu.

“Bagi siswa yang belum bisa mendaftar secara online kami menyediakan Staf di bagian Akademik untuk membantu mahasiswa mendaftar secara online,” ujar Sukirman.

Pantauan luwuraya.com di situs http://um-ptain.ac.id/ (situs untuk mendaftar online PTAIN), disebutkan jika hingga kini proses pendaftaran masih tetap dibuka hingga 20 Juni mendatang. Khusus untuk STAIN Palopo yang berada di PTAIN Wilayah VI, tahun ini membuka kuota penerimaan Maba untuk jalur Ujian Masuk sebanyak 1.190 mahasiswa.

Pelaksanaan ujian sendiri akan digelar dalam dua tahap yakni Tes Potensi Akademik Bidang Studi Dasar dan Wawasan Keislaman yang akan digelar Selasa (24/6/14) dan tes Bidang Studi IPA/IPS pada Rabu (25/6/14).

Selain menerima mahasiswa dari jalur Ujian Masuk, STAIN Palopo juga menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Dimana untuk STAIN Palopo membuka kuota mahasiswa baru melalui jalur ini sebanyak 555 orang. Sayangnya seleksi jalur ini sudah lebih dahulu ditutup pendaftarannya pada 30 April lalu, dan saat ini tengah memasuki tahap pendaftaran ulang.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
  • Hirfan-PU