HEADLINE TOPIK:
Festival Sungai Rongkong III, Upaya Pemuda Sabbang Mengatasi Konflik
Jumat,24 Oktober 2014 | 11:29 WITA | Asdhar
  • Sukses digelar selama dua tahun berturut-turut, tahun ini Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Sabbang (FKPPS) akan menggelar Festival Sungai Rongkong III yang akan dipusatkan di Desa Tulak Tallu, Kecamatan Sabbang, 28-31 Oktober mendatang.

    Ketua FKPPS, Hasrum Jaya yang dikonfirmasi mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya memperkenalkan pariwisata Luwu Utara kepada masyarakat, baik dalam maupun di luar Luwu Utara.

    “Kami mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, sehingga event ini bisa terselenggara dengan berbagai kendala yang ada,” ujar Hasrum.

    Event ini, menurut Hasrum, sudah masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, dengan alokasi anggaran dari APBD Lutra melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata sebesar Rp61jt.

    “Kegiatan ini digelar dalam bentuk lomba dan penampilan berupa seni, budaya, maupun permainan rakyat yang saat ini sudah mulai bergeser dan dilupakan masyarakat. Kami sengaja melestarikan budaya masyarakat rongkong ini agar tidak tergeser dari perkembangan zaman,” kata Hasrum.

    Lantas, mengapa Festival Sungai Rongkong III ini digelar saat konflik merebak di Lutra bahkan di Kecamatan Sabbang? Harum menjelasklan bahwa, kegiatan ini sebagai bentuk yang coba ditawarkan sebagai sebuah Transformasi Konflik,dan agar penilaian masyarakat tidak tertuju terhadap konflik semata.

    “Kami mencoba menawarkan sebuah pergeseran (transformasi) menuju kpd kearifan lokal nilai-nilai budaya.Menurut saya, menyikapi persoalan konflik yang terjadi di Kabupaten Lutra sekarang ini,tidak elok kalau hanya saling menuding,menyalahkan bahkan menghina Pemerintah,mari berbuat, tunjukan bahwa kita perduli,dan kita bisa berbuat,bukan hanya beretorika saja,” jelasnya.

    Sesuai data yang diperoleh dari penyelenggara, sejumlah item kegiatan akan digelar seperti Lomba Ma’gasing, Ma’dengka-dengka, Festival Tarian Daerah, Lomba Kreatifitas Seni dan Budaya, Pemilihan Putra-Putri Rongkong, Lomba Karnaval Budaya, Lomba Kuliner Tradisional, Lomba Perahu Hias, dan Lomba Rakit.

    Anda penasaran menyaksikan serunya kegiatan ini? Mari kunjungi Festival Sungai Rongkong III,Nikmati panorama alam Sungai Rongkong sambil menikmati minuman Sarabba hangat dari Desa Pararra.

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.