HEADLINE TOPIK:
Presiden Direktur PT Vale Beri Kuliah Umum di Unhas
Rabu,12 November 2014 | 17:02 WITA | Alpian Alwi / Rls
Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Nico Kanter saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Rabu (12/11/14) pagi tadi.

Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk (Presdir PT Vale), Nico Kanter, memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Rabu (12/11/14) pagi tadi dengan tema “Leadership and Future Challenges”.

Menurut Nico Kanter, kegiatan ini merupakan upaya berbagai pengalaman dan pengetahuan bagi mahasiswa-mahasiswi Unhas yang kelak nantinya bakal menjadi calon-calon pemimpin bangsa di berbagai bidang baik di pemerintahan maupun di masyarakat.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility atau CSR PT Vale sekaligus memberikan informasi sekilas mengenai perkembangan PT Vale kepada mahasiswa yang merupakan salah satu pemangku kepentingan perusahaan,” ujar Nico Kanter.

Acara kuliah umum yang berlangsung di Ruang Senat Gedung Rektorat Unhas ini diawali oleh sambutan Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nico Kanter.

Hadir dalam kuliah umum ini antara lain Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Sumber Daya, Prof. Muhammad Ali MS, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Musakkir, Wakil Rektor IV bidang Perencanaan dan Pengembangan Kerjasama, Prof. Budu, sebagian dosen dari berbagai jurusan, serta sekitar 250 mahasiswa Unhas dari berbagai jurusan.

Nico Kanter, yang telah bekerja di British Petroleum sebuah perusahaan multinasional dalam bidang minyak dan gas selama 28 tahun sebelum bergabung dengan PT Vale, memulai pemaparannya tentang kepemimpinan dan tantangan ke depan antara lain mengulas tentang definisi leader (pemimpin), bagaimana karakter dan integritas seorang pemimpin, hal-hal apa yang perlu diperhatikan dan dimiliki oleh seorang pemimpin, dan kiat-kiat menjadi pemimpin yang baik, termasuk dalam hal pengambilan keputusan.

“Beberapa hal yang perlu dimiliki sebagai calon-calon pemimpin maupun pemimpin dari pengalaman saya antara lain harus memiliki ahlak dan moral karena pemimpin menjadi panutan, selalu berupaya berlaku adil kepada siapapun termasuk ketika harus mengambil keputusan, dan berani menyampaikan hal yang benar walaupun itu terkadang pahit tapi dengan cara rendah hati dan tulus,” ujar Nico Kanter yang juga memiliki sertifikat pengajar untuk kepemimpinan, komunikasi dan hubungan interkultural.

Salah satu tantangan ke depan bagi calon-calon pemimpin di masa mendatang ini adalah bagaimana menjadi pemimpin yang berintegritas, mempunyai daya juang yang tinggi atau pantang menyerah bagaimanapun beratnya masalah, serta memiliki kedisiplinan.

“Pengalaman saya sendiri menunjukkan bahwa niat kegigihan dan pantang menyerah dan kesabaran pada akhirnya membuahkan hasil yang terkadang di luar dugaan. Selain itu, tentu semua harus mempersiapkan diri sejak awal baik secara mental maupun kompetensinya dan terus belajar, jangan pernah berhenti belajar. Lakukanlah yang terbaik di bidang apa pun atau pekerjaan sekecil apa pun, suatu saat itu akan membuahkan hasil,” ujar Nico Kanter di sela-sela pemaparan materinya.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta. Para peserta sangat antusias bertanya tentang bagaimana kiat-kiat mengatasi masalah, membangun karir, hingga mengasah kemampuan dalam kepemimpinan.

“Saya sangat senang ternyata respon mahasiswa Unhas sangat tinggi dan haus akan ilmu dan pengetahuan dan ini sangat baik,” ujar Nico Kanter.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.