BerandaDPRD Luwu TimurPLTMH, Silo Dryer, dan Stadion Menjadi Rekomendasi Penting DPRD

PLTMH, Silo Dryer, dan Stadion Menjadi Rekomendasi Penting DPRD

- Advertisement -spot_img

DPRD Kabupaten Luwu Timur akhirnya mengeluarkan keputusan tentang catatan dan rekomendasi terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun anggaran 2014 dan LKPJ akhir masa jabatan Kepala Daerah Tahun 2010-2015.

Dalam keputusan itu, terdapat sejumlah rekomendasi penting yang disampaikan DPRD terkait kebijakan pembangunan di Luwu Timur periode 2010-2015. Sejumlah rekomendasi penting itu yakni terkait kebijakan pembangunan sejumlah proyek yang dinilai bermasalah sehingga memerlukan tindakan.

Sejumlah proyek itu seperti pembangunan delapan unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), enam unit silo dryer, dan Stadion Malili.

“Berkenaan dengan beberapa pengadaan PLTMH, pengadaan Silo Dryer, serta Stadion Malili yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu, atau terbengkalai,bahkan sudah menjadi kasus yang memasuki ranah hukum,maka DPRD merekomendasikan akan dilakukan audit keuangan oleh BPK-RI, untuk mengetahui dengan pasti berapa nilai kerugian Negara,” ujar Usman Sadik membacakan keputusan DPRD Luwu Timur terkait catatan dan rekomendasi terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun anggaran 2014 dan LKPJ akhir masa jabatan Kepala Daerah Tahun 2010-2015.

Dia menambahkan, untuk proyek tersebut perlu diambil langkah-langkah tepat dan cepat, karena jika dilakukan pembiaran akan menyebabkan nilai asset menurun juga tujuan pembangunan mengalami ketidak pastian.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur Andi Hatta Marakarma menanggapi hal itu meminta kepada DPRD kiranya di masa mendatang agar lebih awal dalam melakukan pengawasan kepada pemerintah. Menurutnya, jika pengawasan dilakukan dengan baik,  tentunya kelemahan-kelemahan yang ada setiap tahun anggaran bisa dihindarkan, apalagi pada akhir masa jabatan.

“Pemerintah dan DPRD adalah satu kamar, satu kesatuan sehingga kalau ada keberhasilan didaerah ini itu juga merupakan keberhasilan DPRD,” ungkap Hatta.

Meski begitu dia mengucapkan terima kasih atas masukan dan kritik dari semua elemen masyarakat dalam rangka perbaikan pembangunan di Luwu Timur.

Dalam rapat paripurna istimewa tersebut, DPRD juga memberikan catatan terkait LKPJ Kepala Daerah Luwu Timur. Berikut Catatan yang diberikan DPRD Luwu Timur:

  1. Secara umum (makro) visi Bupati Luwu Timur telah dapat dicapai dengan baik.
  2. Beberapa indikator mikro tidak dilengkapi dengan data (Tidak tersaji datanya).
  3. Kinerja keuangan pemerintah daerah relative baik, terutama dilihat dari meningkatnya pendapatan dan belanja daerah.
  4. Kabupaten Luwu Timur sejauh ini belum siap menjadi kabupaten Agroindustri, kecuali dalam hal penyediaan bahan baku industry.
  5. Pembiayaan netto berfluktuatif dengan kecenderungan naik
  6. SILPA dari tahun ke tahun semakin besar yang berarti semakin banyak dana yang tidak dimanfaatkan.
spot_img
REKOMENDASI
Related News