HEADLINE TOPIK:
Lemba Pamona Luwu Gelar “Gombo Bangke”
Jumat,11 September 2015 | 06:54 WITA | Yulius
Ilustrasi (Ist)
  • Lembaga adat lemba Pamona Luwu, pada bulan Nopember mendatang akan menggelar Gombo Bangke atau Rapat Akbar, yang akan diikuti sebanyak 24 pemangku adat desa/dusun dalam wilayah Lemba Pamona Luwu pda Dua Kabuapetn yaitu Luwu Utara dan Luwu Timur.

    Kepastian akan digelarnya Gombo Bangke ini diputuskan pada pertemuan seluruh Lembaga Adat se Lemba Pamona Luwu yang digelar di kediaman Ketua Lembaga Adat Pamona Luwu , Pellias Tangoa di Desa Beringin jaya, Kecamatan Tomoni, Rabu (09/09/15)

    Pada pertemuan ini, telah diputuskan bahwa Gombo Bangke ( Rapat Akbar) Masyarakat adat Lemba Pamona Luwu akan dilaksanakan pada tanggal 04 hingga 5 Nopember 2015 di Desa Lambarese Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, dengan menghadirkan seluruh pemangku adat se Lemba Pamona Luwu , serta pemangku ada lemba Poso, sesepuh adat Lemba Pamona Luwu, Macoa Bawalipu dan Datu Luwu.

    Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu, Pellias Tangoa didampingi Sekretaris nya Yedrin Buku, mengatakan bahwa kegiatan Gombo Bangke merupakan helatan lima tahunan bagi masyarakat suku pamona se lemba Pamona.

    Kegiatan ini bertujuan selain untuk memilih kepengurusan yang baru di tubuh Lembaga Adat Pamona juga untuk merumuskan berbagai program kerja Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu kedepan, dalam rangka membawa masyarakat adat Pamona Luwu lebih maju di masa yang akan datang.

    Selaian itu, lanjut Pellias, dalam kegiatan Gombo Bangke, juga rencananya akan mengundang ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ( AMAN) Tana Luwu, untuk memberikan pencerahan tentang eksistensi Lembaga adat di Tanah Luwu, sehingga nantinya komunitas etnis Pamona di Tana Luwu dapat memahami keberadaan lembaga adat dan apa fungsi serta peranannya sebagai Lembaga adat.

    Oleh sebab itu, Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu ini mengharapkan partisipasi dari seluruh warga suku Pamona yang ada di Luwu Timur dan Luwu Utara untuk ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan Gombo Bangke ini, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan sukses, demi kejayaan suku Pamona kedepan.

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.