HEADLINE TOPIK:
WEBTORIAL
Wisata ke Luar Negeri Aman dengan Asuransi Perjalanan
Jumat,11 Desember 2015 | 23:29 WITA | Desi Irawati
Istimewa
  • Tren masyarakat perkotaan untuk bepergian atau traveling rasanya sudah semakin meningkat. Selain mengurangi stres akibat penatnya pekerjaan sehari-hari, traveling juga membuat kita berpikiran terbuka karena melihat dunia luas. Tidak hanya destinasi wisata domestik, destinasi wisata luar negeri pun makin banyak peminatnya.

    Dengan tren semacam ini, resiko yang akan terjadi pun bertambah. Mulai dari kecelakaan, sakit selama perjalanan dan lain sebagainya. Banyak di antara mereka yang telah menggunakan layanan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Namun belum banyak yang menyadari bahwa resiko-resiko yang mungkin saja terjadi pada orang-orang yang suka travelingberbeda dengan resiko orang pada umumnya. Ada beberapa hal yang luput dari tanggungan asuransi-asuransi tersebut, maka di sinilah asuransi perjalanan mengambil alih peranan pentingnya.

    Nah, berikut adalah resiko-resiko yang akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.

    Pembatalan atau Penundaan Penerbangan

    Sudah menunggu sekian lama, ternyata penerbangan kamu dibatalkan atau ditunda karena hal-hal tertentu. Sangat menyebalkan! Kamu akan kehilangan waktu berhargamu apalagi kalau kamu sudah rencanakan sedemikian rupa perjalananmu. Masa sih kamu harus membuat perencanaan ulang? (Baca Juga :WisataAkhirTahun di Bandung)

    Untungnya resiko ini ditanggung penuh oleh asuransi perjalanan. Yang membedakan asuransi perjalanan satu dengan yang lainnya hanyalah masa tunggunya, ada yang memberikan batas minimum masa tunggu selama enam jam atau dua belas jam. Alasannya pun beragam, mulai dari cuaca buruk, cacat struktural, penutupan bandara, aksi mogok, kerusakan mekanis dan lain-lain yang disebabkan oleh hal-hal di luar kendalimu.

    Kehilangan Surat-surat

    Kehilangan dokumen-dokumen penting di saat perjalanan memang sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika dokumen itulah yang kamu perlukan untuk bepergian seperti paspor yang hilang saat kamu ke luar negeri. Duh, pasti kamu bakal kerepotan untuk mengurusnya lagi. Alhasil kamu harus memperpanjang durasi perjalananmu hanya karena mengurus kehilangan ini.

    Tapi tenang saja, asuransi perjalanan atau asuransi perjalanan luar negeri akan menanggung resiko semacam ini. Kamu tak perlu lagi mengeluarkan kocek lebih untuk mengurus keperluan penerbitan paspor baru, karena akan ditanggung sepenuhnya oleh asuransimu. Dengan syarat, alasan kehilangannya bukan karena kelalaian pribadi ya.

    Sakit atau Kecelakaan dalam Perjalanan

    Penyakit bisa datang kapan saja tanpa permisi, terlebih lagi ketika kamu mengeluarkan banyak energi untuk kegiatanmu berjalan-jalan ke luar negeri. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan, karena pada beberapa negara biaya pengobatan akan jauh lebih mahal ketimbang berobat di negeri sendiri.

    Tidak perlu takut, dengan asuransi perjalanan, kamu akan mendapatkan perlindungan darurat dari resiko-resiko kesehatan yang menghampiri.

    Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

    Kamu membawa banyak barang-barang bawaan penting untuk mendukung perjalananmu ke luar negeri, namun ternyata bagasimu malah mengalami kehilangan atau kerusakan. Wah, pasti bakal repot banget deh. Untungnya semua resiko tersebut akan ditanggung oleh asuransi perjalananmu. Bahkan kebanyakan produk asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi penuh jika terjadi resiko kehilangan atau kerusakan terhadap barang-barang bawaanmu. Jadi tenang saja, tidak perlu panik.

    Evakuasi Medis dan Pemulangan Jenazah

    Tidak hanya perawatan dan pengobatan saja yang ditanggung oleh asuransi perjalanan, namun juga evakuasi medis darurat 24 jam sampai pemulangan jenazah sampai ke negara asal juga akan ditanggung oleh asuransi ini.

    Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya asuransi perjalanan bagi perjalananmu ke luar negeri. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Bukan hendak mendoakan, tapi hanya meminimalisir resiko yang akan terjadi pada diri kamu selama perjalanan ke luar negeri. Yang paling penting, tetap berhati-hati ya dalam setiap perjalananmu!

    Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.