HEADLINE TOPIK:
Ini Suasana Musrembang Anak yang Digelar di Lutra
Rabu,27 Januari 2016 | 01:08 WITA | Asdhar
Suasana Musrembang Anak yang digelar di Kabupaten Luwu Utara, Selasa (26/1/16). (ist)

Puluhan anak usia sekolah dari berbagai sekolah memadati ruang pertemuan Kantor Kecamatan Masamba, Selasa (26/1/16). Kehadiran para pelajar di Kantor Pemerintah Kecamatan Masamba ini guna menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) anak.

Topik pembicaraan yang dimusyawarahkan juga seputar persoalan anak usia sekolah, seperti kebutuhan anak sekolah terhadap pemerintah, anak putus sekolah, dan tenaga kerja usia sekolah.

Kabupaten Luwu Utara merupakan daerah kedua di Sulawesi Selatan yang menggelar kegiatan Musrembang anak. Sebelumnya, Kegiatan serupa juga telah digelar di Kabupaten Bantaeng. Di daerah ini, Musrembang anak digelar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Masamba, Kecamatan Baebunta, dan Kecamatan Sabbang.

“Pelaksanaan musrembang anak ini kita bagi dalam 3 tim dan masing-masing tim tersebar di kecamatan. Musrembang anak ini motodenya tidak seperti musrembang yang digelar oleh Pemerintah Desa atau Kecamatan karena pesertanya anak-anak sehingga dibutuhkan cara tersendiri untuk menyerap aspirasinya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Luwu Utara, Bambang Irawan.

Menurut Bambang, sebelum Musrembang ini digelar, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi di seluruh Kecamatan dan sekarang ini bagian implementasinya untuk menyerap ide, gagasan dan inspirasi anak-anak dalam perencanaan pembangunan.

“Untuk saat ini pemerintah Kabupaten Luwu Utara telah membangun tempat bermain anak-anak di Taman Kota Masamba dan secara bertahap nanti sesuai kemampuan keuangan daerah akan dibangun juga taman bermain hingga di Kecamatan dan Desa,” jelas Bambang.

Sementara itu, pendamping Musrembang Anak, Supriadi Ukkas mengatakan pelaksanaan musrembang anak ini nantinya juga akan dibentuk forum anak di tiap-tiap kecamatan yang merupakan perwakilan anak untuk menghadiri musrembang anak pada tingkat kabupaten.

“Masing-masing pengurus forum anak ini akan membawa aspirasinya pada saat rapat di forum SKPD,” ungkapnya.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
  • Hirfan-PU