HEADLINE TOPIK:
Pilkada Luwu
Basmin Enggan Maju di Pilkada Luwu, Jika….
Selasa,22 Maret 2016 | 00:27 WITA | Asdhar/Rilis

Mantan Bupati Luwu, Basmin Mattayang yang kini menjadi fungsionaris Partai Nasdem menegaskan jika diriya tidak akan maju mencalonkan diri di Pilkada Luwu 2018 mendatang, jika harus dihadapi oleh sejumlah kondisi.

Beberapa kondisi tersebut yakni pertama jika adafigur yang akan bertarung di Pilkada Luwu yang memiliki survey lebih baik dari dirinya.

“Karena itu menjadi sinyal bahwa masyarakat Luwu telah memiliki pilihan yang lebih menjanjikan dari pada saya. Dan untuk hal ini saya tidak akan berkecil hati, bahkan jika dimungkinkan akan turut mendukung,” ujar Basmin.

Lagi pula, menurut Basmin dirinya telah pernah memimpin Luwu walaupun kurang dari 5 tahun, dan hasilnya masyarakat bisa lihat sendiri.

Basmin mengungkapkan jika masyarakat menginginkannya untuk maju pasti akan terlihat pada survei nanti.  “Artinya pasti tidak ada satu bakal calonpun yang mengungguli survei saya jika memang masyarakat Luwu ingin saya maju lagi,” jelas Basmin.

Kondisi kedua yang membuat dirinya tidak akan maju di Pilkada Luwu, yakni jika dirinya harus membayar Partai Politik untuk mencalonkan diri. Baginya Pilkada hanya jalan untuk mencapai tujuan, tujuannya adalah menghadirkan pemerintahan yang baik dan melayani masyarakat.

“Sehingga jika masyarakat menginginkan dan survei tinggi, tentu Parpol tidak akan ada yang minta mahar atau syarat apapun namanya untuk mengusung saya,” ungkap Basmin.

Apalagi, Basmin mengaku tidak punya cukup uang untuk bayar mahar politik. “Namanya juga pensiunan, Hehe.. Logikanya sederhana, masa saya mau disuruh kerja baik-baik untuk melayani masyarakat selama 5 tahun, saya yang di suruh bayar,” jelas Basmin.

Kondisi ketiga, menurut Basmin yakni jika dirinya dianggap sebagai penghalang bagi generasi muda Tana Luwu untuk bisa memimpin. “Masa depan Luwu ada di tangan generasi muda,” ujar Basmin.

Dia juga mengajak semua generasi muda terbaik yang ada di Luwu agar memberanikan diri maju pada pilkada luwu 2018 nanti. “Saya sudah merasa bersyukur dengan kehidupan saya saat ini, jadi kalau rakyat tidak minta saya layani lagi, yaa saya ucapkan Syukur Alhamdulillah. Saya urus cucu dan fokus ibadah saja,” tegas Basmin yang saat ini telah menetap di Jakarta.

Dia pun berpesan kepada para kandidat yang ingin maju Pilkada Luwu yang dianggapnmya sebagai keluarga sendiri,untuk tidak menjadikan pesta demokrasi lima tahunan menjadi ajang maju atau tidak maju, menang atau tidak menang.

“Yang terpenting adalah bagaimana semua bakal calon menyiapkan Konsep dan Program kerja yang jelas bagi pemerintahan yang ingin kita pimpin. Tidak usah habiskan energi untuk saling cela-mencela, jelek menjelekkan, rakyat tidak butuh itu. Salama’ki tapada salama,” tandas Basmin.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.