HEADLINE TOPIK:
Webtorial
Jenis Usaha Sampingan Yang Wajib Anda Ketahui
Kamis,21 April 2016 | 22:07 WITA | Webtorial
Ilustrasi (int)

Memiliki sesuatu pekerjaan yang bersifat sampingan dan bisa menghasilkan uang dari hanya sekedar sampingan tersebut, tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Pekerjaan sampingan yang dimaksud bisa saja berupa pekerjaan anda di kantor atau pun sesuatu usaha yang anda jadikan untuk pekerjaan sampingan, yang anda kelola setelah menyelesaikan pekerjaan utama anda.

Saat ini, semakin meningkatnya kebutuhan hidup dan juga peluang yang tersedia, siapa saja bisa memilih Jenis Usaha Sampingan yang bisa ia kerjakan setelah melakukan pekerjaan utamanya. Fakta menariknya adalah saat usaha sampinganya ini rupanya berhasil mendatangkan keuntungan yang besar, usaha sampingan ini bisa berubah menjadi profesi yang utama. Semuanya bisa terjadi jika dilakukan dengan benar dan teratur tentunya.

Ada banyak alasan yang mendasari kenapa sebagian orang ingin memilih untuk memiliki usaha sampingan. Mengutip dari cekaja.com, berikut ini adalah beberapa alasan orang ingin memiliki usaha sampingan:

Sering Muncul Ide Unik untuk melakukan Usaha

Tiap orang diciptakan berbeda dan memiliki pemikiran yang berbeda. Pemikiran atau ide yang unik dan kreatif bisa saja terlontar dari beberapa orang yang membuat orang lainya menyetujui ide tersebut. Saat tiba-tiba tercetus ide untuk sebuah usaha, yang sepertinya bisa mendatangkan keunggulan, kenapa tidak kita melakukanya untuk sebuah perubahan yang besar.

Untuk  membuat usaha sampingan, anda tidak perlu mengkhawatirkan apakah usaha anda akan laku oleh para calon pelanggan anda atau tidak. Peluang pasar masih terbuka lebar untuk berbagai produk yang akan anda ciptakan dari usaha anda, atau pun jasa yang anda usahakan.

Perlu UangTambahan

Sebagian orang ingin memiliki usaha sampingan atas dasar uang. Kebutuhan yang semakin meningkat dan pola hidup yang juga berubah menjadi cenderung konsumtif, bisa menjadi faktor mengapa orang ingin memiliki uang tambahan. Dan salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan memiliki usaha sampingan.

Persiapan Pensiun

Sama halnya dengan Poin C, selain untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat, usaha sampingan juga dipercaya dapat membantu financial seseorang saat menjelang pensiun.

Aktualisasi Diri

Ingin dihargai oleh orang lain dan mendapatkan penghargaan itu adalah juga kebutuhan manusia. Dengan memiliki usaha sampingan, seseorang bisa menjadikanya sebagai suatu profesi jika dia memang tidak memiliki pekerjaan lain. Dengan begitu, ia akan lebih merasa berharga dengan Usaha sampinganya ini.

Setelah mengetahui alasan mengapa sebagian orang memilih untuk memiliki usaha sampingan, sekarang kita perlu mengetahui jenis-jenis usaha sampingan yang bisa kita pilih untuk dijadikan usaha sampingan kita. Masih mengutip dari cekaja.com berikut ulasanya:

Usaha Menyediakan Jasa

Usaha sampingan yang bisa anda pilih salah-satunya adalah usaha menyediakan jasa. Tidak hanya barang yang dapat dijual untuk usaha sampingan anda, namun anda juga dapat menjual jasa. Walaupun jasa tidak berwujud seperti barang, namun peminatnya tentu banyak. Beberapa usaha sampingan di bidang jasa diantaranya: usaha Laundry kiloan, Usaha Les Private, Usaha menjahit pakaian dan lainya.

Usaha Menawarkan Barang

Barang menjadi hal utama yang diperjualbelikan dalam sebuah usaha. Anda bisa menjual barang atau menawarkan sesuatu barang kepada calon konsumen anda. Beberapa usaha yang sesuai dengan jenis ini adalah usaha menjual pakaian, usaha menjual Pulsa elektrik, menjual motor bekas, dan lain sebagainya

Usaha Menghidangkan Makanan

Usaha rumahan yang satu ini berkaitan dengan kuliner. Setiap orang pasti akan menyukai hal yang satu ini, karena makan adalah kebutuhan setiap manusia. Anda bisa mencoba jenis usaha ini sebagai usaha sampingan, seperti membuka kedai kopo di malam hari, menjual makanan untuk sarapan pagi, menjual aneka kue dan lain sebagainya.

Usaha Transaksi Online

Usaha sampingan seperti ini adalah usaha rumahan yang paling mudah untuk dilakukan. Saat anda sibuk sekali pun, usaha sampingan ini dipastikan tidak terlalu mengganggu anda. Usaha Online yang bisa anda jadikan usaha sampingan misalnya membuka toko online, membuat Blog, menjual foto di internet dan lain sebagainya.

Hal yang terpenting yang harus anda kuasai saat memilih untuk mengelola Usaha Sampingan adalah miliki bakat berbisnis yang baik. Selain itu belajarlah dari para mentor yang telah lebih dulu berhasil menjalankan usaha serupa. Dengan begitu, anda akan mudah mengerti dan memahami cara menjalankan bisnis atau usaha anda dengan lebih mudah. Semoga bermanfaat.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.