HEADLINE TOPIK:
Soal LHP BPK, Sukman Sadike Minta LeDPRD Gandeng Penegak Hukum
Kamis,21 Juli 2016 | 00:12 WITA | Alpian Alwi

Legislator Partai Golongan Karya (Golkar) Luwu Timur, Sukman Sadike meminta agar persoalan yang terindikasi dugaan korupsi langsung direkomendasikan ke penegak hukum untuk diusut.

Hal tersebut diungkapkan Sukman Sadike usai menggelar rapat pleno LHP BPK – RI atas laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Timur 2015 yang berlangsung di ruang sidang Paripurna, Rabu 20 Juli kemarin.

Setiap tahunnya, kata Sukman, lembaga legislatif kerap merekomendasikan BPK – RI sebagai pemberi penjelasan terhadap masalah yang ada.

“Setiap tahun kita meminta penjelasan ke BPK, kenapa tidak DPRD juga menggadeng dan memberikan rekomendasi ke Kejaksaan atau Polisi untuk menanganinya,” ungkap Sukman.

Permintaan Sukman ini merujuk hasil laporan Panitia Kerja (Panja) terkait LHP BPK – RI atas laporan keuangan Pemda Luwu Timur 2015 yang dibacakan, Sekertaris Panja DPRD Luwu Timur, Tugiat.

Salah satu yang direkomendasikan Panja DPRD ke BPK – RI untuk memberikan penjelasan terkait pemberian uang sebagai ungkapan terima kasih dari PT Tiga Production sebesar Rp24 juta kepada PNS lingkup Pemda Luwu Timur.

“Apakah pemberian uang tersebut itu termasuk gratifikasi atau bukan,” tanya Tugiat, legislator partai Nasdem Luwu Timur saat membacakan laporannya.

Sementara itu, direktur Forum Pemuda, Pemantau, Kinerja, Eksekutif dan Legislatif (FP2KEL) Luwu, Ismail Ishak mengapresiasi niat baik legislator Golkar tersebut.

Menurutnya, upaya yang disampaikan beliau (Sukman) itu sebagai bentuk perhatian dirinya terhadap daerah sendiri. “Beliau mau melihat daerahnya lebih baik. Olehnya itu, beliau perlu kita dukung,” ungkap Ismail.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.