HEADLINE TOPIK:
Dishub Lutim Uji Kelaikan Kendaraan Umum
Selasa,17 Januari 2017 | 15:55 WITA | Alpian Alwi

Sebanyak 40 unit kendaraan umum di Kabupaten Luwu Timur telah dilakukan tes uji kelaikan kendaraan dibalai pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan (Dishub) Luwu Timur, Selasa 17 Januari 2016.

Puluhan kendaraan umum tersebut digiring ketempat balai pengujian itu setelah terjaring kegiatan operasi rutin yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan bekerjasama dengan pihak Satuan Lalulintas (Satlantas) Mapolres Luwu Timur.

Kepala Bidan (Kabid) Angkutan Darat, Sainal yang ditemui disela – sela operasi mengatakan, operasi tersebut merupakan program rutin yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dengan bekerjasama pihak kepolisian Lalulintas yang dilakukan selama 4 hari.

“Dari surat perintah, operasi dilakukan sejak tanggal 16 dan akan berakhir pada tanggal 19 Januari. Operasi ini menyasar kendaraan angkutan umum dengan tujuan untuk menjaga keselamatan dan menghindari kecelakaan,” ungkap Sainal.

Dalam operasi ini, kata Sainal, pihaknya telah menjaring sebanyak 40 unit kendaraan sejak operasi digelar Senin kemarin. Puluhan kendaraan tersebut langsung dilakukan uji kelaikan kendaraan bermotor dibalai pengujian kendaraan dinas perhubungan Luwu Timur.

“Jika nantinya dalam uji kelayakan itu ada kendaraan tidak layak untuk beroperasi maka diminta untuk memperbaiki. Contohnya, ada mobil yang tidak berfungsi Rem atau ada lampunya yang tidak berfungsi maka diminta untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat dengan sadar akan bahaya dalam berkendara. Oleh karena itu, diharapkan agar pengguna jalan senantiasa rutin melakukan uji kelaikan dibalai pengujian kendaraan yang sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan.

“Kalau masyarakat sadar akan bahaya berkendara pastinya mereka rutin melakukan uji kendaraannya sehingga dengan begitu pihak Dishub juga tidak rutin lagi turun melakukan operasi karena harapan kami sudah diaplikasikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator penguji kendaraan bermotor, Safaruddin menambahkan, puluhan kendaraan yang terjaring itu akan dilakukan uji kelaikan kendaraan seperti ban, rem utama, rem parkir, lampu dan beberapa bagian kendaraan lainnya.

“Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan menghindari kecelakaan bagi pengendara,” ungkap Safaruddin didampingi Kepala Seksi (Kasi) Lalulintas angkutan jalan dan kelaikan kendaraan, Ibrahim Yakob.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.