HEADLINE TOPIK:
Mengapa Menggunakan Kartu Kredit Bisnis Untuk Usaha Anda?
Senin,23 Januari 2017 | 23:57 WITA | aturduit.com
Ilustrasi (int)

Jika Anda adalah seorang pengusaha, Anda mungkin telah menerima penawaran tentang aplikasi kartu kredit bisnis beberapa kali dari pihak bank.

Anda mungkin berpikir apakah perbedaan antara kartu kredit biasa dengan kartu kredit bisnis? Kartu kredit bisnis memiliki prinsip yang sama dengan kartu kredit biasa. Dimana Anda dapat melakukan transaksi secara kredit dan membayarnya di tanggal jatuh tempo. Akan tetapi, mengapa perusahaan disarankan menggunakannya?

Sebuah kartu kredit bisnis dapat menjadi alat termudah untuk mengakses kredit jangka pendek dan dapat menjadi sumber dana darurat bagi perusahaan Anda. Akan tetapi, sama seperti dengan sumber kredit lainnya, kartu kredit memiliki iuran dan mesti digunakan dengan bijak. Berikut penjelasan keuntungan dan kekurangan dari kartu kredit bisnis ketimbang pinjaman sebagai sumber kredit untuk bisnis.

Apakah Kartu Kredit Bisnis Itu?

Pertama-tama, kartu kredit bisnis merupakan kartu kredit yang diperuntukan untuk sebuah perusahaan atau pengusaha. Sama halnya dengan kartu kredit perorangan, sebuah kartu kredit bisnis memberikan Anda kemudahan bertransaksi secara kredit dalam jangka waktu pendek. Kartu ini juga memiliki iuran tahunan dan suku bunga standard. Kartu kredit bisnis pun memiliki cara kerja yang tidak berbeda dengan kartu kredit lainnya. Perbedaan utamanya akan terletak pada jumlah limit dan fitur kartu.

Kartu ini lebih diperuntukan untuk kepentingan berbisnis. Anda dapat mendapatkan kartu kredit bisnis melalui aplikasi kartu kredit online di AturDuit.com.

Keuntungan Kartu Kredit Bisnis

Ada beberapa keuntungan yang dapat diberikan dari kartu kredit bisnis untuk pengusaha. Diantaranya adalah:

  1. Kualifikasi yang mudah

Bagi perusahaan baru mengajukan aplikasi pinjaman dan mendapatkan penyetujuan dari pihak bank mungkin agak susah. Hal ini disebabkan karena tidak memiliki catatan kredit di BI checking. Sedangkan mengajukan kartu kredit bisnis sebagai sarana kredit adalah sesuatu yang tidak susah.

  1. Lebih Praktis

Pengusaha yang memiliki kartu kredit bisnis, tidak perlu mengambil uang jumlah besar di ATM untuk bertransaksi dan tidak perlu repot untuk menulis cek.

  1. SebagaiDana Cadangan

Dengan kartu kredit bisnis, pengusaha dapat memiliki dana cadangan ketika arus kas perusahaan tidak lancardisebabkan karena utang belum dapat ditagih atau penghasilan belum dibayar.

  1. Membantu Pembukuan Usaha

Kartu kredit bisnis memiliki laporan yang diberikan setiap bulannya untuk pengusaha. Dengan laporan tersebut, sang pengusaha dapat menggunakannya untuk pembukuan pengeluarn bisnis dan dapat juga memonitor pengeluaran karyawan.  Selain itu dengan laporan ini, auditor juga dapat terbantu ketika melakukan audit untuk perusahaan.

  1. Reward dan Fitur

Hampir setiap kartu kredit bisnis memiliki program reward dan fitur yang menarik. Biasanya setiap kartu dilengkapi dengan point reward pada setiap transaksi dan juga pengumpulan mileage agar Anda menerima potongan ketika berpergian untuk keperluan bisnis. Selain itu kartu bisnis juga ada yang memberikan cashback atau diskon pada transaksi tertentu. Salah satu kartu kredit bisnis yang dapat Anda periksa dengan berbagai keuntungan adalah kartu kredit Mandiri.

  1. Membuat Catatan Kredit

Dengan menggunakan kartu kredit bisnis secara penuh tanggung jawab – seperti membayar tagihan tepat waktu, membayar sesuai total tagihan dan tidak menggesek lebih dari limit kredit – dapat membantu membuat catatan kredit yang positif di BI checking untuk bisnis Anda. Yang dimana di kemudian hari dapat memudahkan Anda sebagai pemilik usaha untuk mendapatkan pinjaman bisnis dengan suku bunga lebih rendah.

Kekurangan Kartu Kredit Bisnis

Sebelum tergesa-gesa mengajukan kartu kredit bisnis, ada baiknya untuk mengkonsider kekurangannya:

  1. Lebih Mahal

Jika Anda membandingkan suku bunganya dengan pinjaman bank, yang memiliki bunga tetap, suku bunga kartu kredit bisnis akan lebih mahal. Hal ini disebabkan karena akumulasi tunggakan akan dihitung semenjak hari tagihan tidak terbayar. Akan tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika Anda melunasi semua tagihan. Jadi pastikan Anda tidak semberono dan menggesek kartu tanpa batas.

  1. Masalah Keamanan

Pengusaha harus memperhatikan kartu kredit bisnis mereka dengan cermat. Pengaturan keamanan harus diterapkan oleh pengusaha untuk menghindari pencurian informasi oleh karyawan atau took penjual, pemasok atau pun pihak lain yang dapat terkait. Penting juga untuk memastikan karyawan yang dapat menggunakan kartu kredit bisnis tidak menyalahgunakan kartu kredit untuk pembayaran keperluan pribadi. Atau melakukan transaksi online dengan kartu kredit perusahaan sehingga data kartu dicuri.

  1. Kurang Perlindungan

Umumnya, kartu kredit bisnis tidak memiliki perlindungan yang sama dengan kartu kredit perorangan. Contohnya, banyak kartu tidak memberikan perlindungan yang sama ketika terjadi pencatatan tagihan yang salah atau transaksi ditolak karena barang dikembalikan. Pastikan Anda mengetahui tingkat perlindungan kartu sebelum mengajukannya.

Jadi kartu kredit bisnis adalah salah satu pilihan yang dapat dikonsider untuk membiayai usaha Anda. Pastikan Anda memahami cara penggunaan, biaya, dan keuntungan dari masing-masing kartu kredit bisnis sebelum mengajukannya. Dan selalu memonitor penggunaan kartu kredit tersebut.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.