HEADLINE TOPIK:
Lutim Raih 5 Kali WTP
Senin,5 Juni 2017 | 14:19 WITA | Alpian Alwi

Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu Timur kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) wilayah Sulawesi Selatan yang berlangsung digedung BPK – RI di Makassar, Senin (5/6/17).

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 ini diterima langsung oleh Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, didampingi ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam

Selain Bupati dan ketua DPRD Luwu Timur, penghargaan opini WTP yang sudah ke lima kalinya ini juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Sekda, Bahri Suli dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Daerah Luwu Timur.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, penghargaan opini WTP dari BPK – RI wilayah Sulawesi Selatan ini merupakan kali ke lima yang diraih. Menurutnya, opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

“Jadi ada empat kriteria yang didasarkan yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Laporan Keuangan (LK) tahun 2011 telah diterima ditahun 2012 dan berhasil meraih WTP pertama kali dari BPK – RI di Makassar. Namun, LK ditahun 2013 pengharaan WTP tersebut turun menjadi WDP ditahun 2014.

Sementara pada LK tahun 2014 kabupaten Luwu Timur kembali menerima Opini WTP ditahun 2015, dan LK tahun 2015 Luwu Timur berhasil menerima WTP di tahun 2016. Untuk LK tahun 2016, Pemda Lutim kembali berhasil meraih WTP ke lima kali ditahun 2017.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.