HEADLINE TOPIK:
Ranperda Hak Keuangan DPRD Lutim Disetujui
Senin,31 Juli 2017 | 17:52 WITA | Rilis / Tom

Rapat paripurna digelar DPRD Luwu Timur dalam rangka pemandangan umum fraksi fraksi DPRD luwu timur terhadap ranperda tentang hak keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Luwu Timur di Kantor DPRD Luwu Timur. Senin (31/7/2017).

Dalam pemadangannya, seluruh fraksi DPRD Luwu Timur telah menyetujui usulan ranperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Luwu Timur oleh pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk kemudian dibahas. Berikut penjelasan masing-masing fraksi.

Fraksi PAN dibacakan oleh juru bicaranya Juddin Sira mengatakan usulan ranperda ini merupakan apresiasi atas kinerja DPRD yang selalu senantiasa dekat di rakyat. Harapannya agar DPRD Luwu Timur lebih menunjukkan integritasnya dalam tata kelola pemerintahan bersama sama dengan pemerintah daerah.

Fraksi golkar dalam juru bicaranya Najamuddin meminta penyusunan Ranperda tersebut agar kiranya tetap menyesuaikan dengan asas kepatutan serta kemampuan keuangan daerah saat ini. Tak hanya itu, najamuddin juga meminta kepada pansus ranperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD agar mempercepat Pembahasan ranperda tersebut. Dia beralasan agenda DPRD Luwu Timur yang sangat padat sehingga masih banyak yang perlu dibahas kedepan.

Fraksi Nasdem dalam pemandangannya dibacakan oleh Tugiat mengatakan dengan terbitnya PP nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD maka perda yang telah mengacu pada PP sebelumnya wajib mendasarkan dan menyesuaikan. Tugiat juga menyampaikan apresiasinya pada pemerintah daerah atas respon serius dalam meningkatkan kerjasama dengan DPRD sebagai mitra setrategis.

Fraksi PDI-Perjuangan berpendapat melalui juru bicaranya leonar bongga mengatakan sebagai mitra sejajar, pemerintah daerah telah berupaya mendorong produktifitas serta optimalisasi tugas dan fungsi DPRD. Kata leonar, kenaikan tunjangan DPRD hal ini dikarenakan bapak presiden joko widodo menginginkan efektivitas dan revitalisasi fungsi dan tugas DPRD.

Syahruddin sebagai juru bicara Fraksi Demokrat dalam pemadangan umum mengatakan ranperda ini merupakan gerak cepat pemda yang memposisikan DPRD sebagai mitra kerja yang strategis dalam upayanya membangun kabupaten luwu timur lebih baik dan maju secara bersama.

Suwandi sebagai juru bicara fraksi gerindra mengatakan fraksi gerindra mengharapkan dengan naiknya tunjangan DPRD maka naik pula kinerjanya. Suwandi juga mengatakan fraksi gerindra menyambut baik sikap pemda sebagai mitra kerja demi terwujudnya hubungan yang harmonis.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.