HEADLINE TOPIK:
PSC 119 Luwu Timur Siap Berikan Layanan Prima
Kamis,21 September 2017 | 19:43 WITA | Humas

Rombongan kontingen Publik Service Center (PSC) 119 Kabupaten Luwu Timur akhirnya tiba di Kabupaten Tana Toraja sore tadi. Kehadiran rombongan PSC 119 Luwu Timur dalam rangka mengikuti jambore nasional PSC 119 dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang akan berlangsung di Pasar Seni Makale, Kabupaten Tana Toraja, 21-23 September 2017.

Ketua umum PSC 119 Luwu Timur, dr Ani. Nurbani Irwan mengatakan seluruh rombongan yang berjumlah 80 orang telah tiba dengan selamat di lokasi jambore PSC 119 dan telah bergabung dengan peserta lainnya di seluruh Indonesia.

“alhamdulillah semua sudah tiba dengan selamat. Saat ini, kita semua sedang bersiap-siap untuk mengikuti pembukaan jambore PSC ” kata Ani Nurbani, Kamis (21/09/2017) malam.

Menurut Ani, kehadiran tim PSC 119 Luwu Timur pada jambore nasional ini menunjukkan kesiapan dan komitmen pihaknya untuk meningkatkan layanan kegawatdaruratan di Kabupaten Luwu Timur.

” PSC Luwu Timur siap berkomitmen untuk mengoptimalkan layanan kegawatdaruratan medis di Luwu Timur” tambahnya.

Pembukaan Jambore Nasional PSC 119 dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) akhirnya resmi dibuka Menteri Kesehatan, RI, Nila Djuwita F Moeloek didampingi Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

Dalam sambutannya, Nila Moeloek mengatakan sebagai upaya penguatan tanggap bencana, PSC yang ada di setiap Dinkes kabupaten dan kota, harus terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, sehingga penanganan pasca bencana bisa segera dilakukan.

Menurutnya layanan telepon 119 harus disosialisasikan dengan baik dimasyarakat, agar masyarakat paham dan bisa memanfaatkan layanan PSC tersebut jika terjadi peristiwa kegawatdaruratan medis di wilayahnya

Jamnas PSC 119 ini dihadiri lebih dari 700 peserta yang sebagian besar merupakan anggota PSC Provinsi/Kabupaten/Kota, serta perwakilan Dinas Kesehatan dari seluruh ─░ndonesia.

Selain menjadi ajang bertukar pengalaman keberhasilan dan tantangan masing-masing PSC, Jambore Nasional PSC 119 diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan (khususnya kegawatdaruratan) melalui pembentukan PSC di wilayahnya.

Disamping itu momen jambore nasional ini juga diharapkan menyadarkan masyarakat bahwa masyarakat juga memiliki peran yang vital dalam penanganan kegawatdaruratan.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.