Kanal: Luwu Timur

Rabu,11 Oktober 2017 | 13:16 WITA | Reporter: Alpian Alwi

Husler Minta Linmas Menjaga Netralitas Selama Pilkades

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler meminta personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) agar menjaga netralitas pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya akan digelar tanggal 9 November mendatang.

Menurutnya, Linmas mempunyai hak untuk memilih namun juga punya tanggung jawab penuh dalam menjaga keamanan sehingga netralitas seorang Linmas itu sangat dibutuhkan dalam mensukseskan jalannya Pilkades.

Selain Linmas, kata Husler, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol – PP) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat lainnya juga mempunyai tanggung jawab yang sama untuk menjaga kabupaten Luwu Timur ini menjadi kondusif.

“Kita sangat berharap setiap perhelat demokrasi apa pun namanya, apa lagi kedepan ini kita menghadapi Pilkades serentak tentunya netralitas Linmas, ASN serta Satpol PP diharapkan untuk menjaga daerah menjadi kondusif,” ungkapnya.

Husler menambahkan, para Calon Kepala Desa (Calkades) juga diminta tetap menjaga silaturahmi antara sesama calon lainnya. Begitu pula dengan masyarakat. Berbeda pilihan itu biasa dalam berdemokrasi namun silaturahmi tersebut harus tetap dijaga.

“Mari kita ciptakan Pilkades menjadi transparan, jujur dan bersih dengan begitu daerah ini akan menjadi kondusif. Jangan karena beda pilihan sehingga silaturahmi pun ikut terputus. Beda pilihan itu biasa,” ungkap Husler.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (PMD) Luwu Timur, Halsen mengatakan, Pilkades rencananya akan digelar secara serentak di 19 desa tanggal 9 November mendatang. Sementara tanggal 7 Desember pelantikan Kades terpilih.

Pelaksanaan Pilkades ini nantinya, kata Halsen, akan menurunkan Linmas, Satpol – PP dan dibantu oleh aparat Kepolisian untuk melakukan penjagaan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing – masing desa yang melaksanakan Pilkades.

“Linmas dan Satpol – PP diturunkan melakukan pengamanan. Pihak kepolisian juga ikut membantu. Terkait jumlah Linmas yang akan diturunkan masih dalam proses koordinasi karena ada desa yang meminta tambahan TPS,” ungkap Halsen.

KEMBALI KE ATAS LIHAT VERSI DESKTOP