HEADLINE TOPIK:
Operasi Zebra, Wabup Irwan Imbau Warga Taat Lalulintas
Rabu,1 November 2017 | 14:47 WITA | Rilis

Warga yang baik harus taat berlalulintas. Pasalnya dengan mematuhi aturan lalu lintas dijalan raya akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang tidak di inginkan.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam usai menyematkan atribut lalu lintas kepada jajaran personil Satuan Lalulintas Polres Luwu Timur, Rabu (01/11/2017).

Penyematan atribut lalu lintas tersebut dilakukan dalam rangka apel gelar pasukan operasi zebra 2017 jajaran Polres Luwu Timur yang berlangsung di Halaman Mapolres Luwu Timur. Selain Wakil Bupati, hadir pula Ketua DPRD, H Amran Syam.

Irwan menambahkan dengan taat berlalulintas maka diharapkan terciptanya penegakan hukum yang tegas dan meningkatkan kesadaran serta kepatutan masyarakat dalam berlalu lintas, mengingat angka kecelakaan yang terjadi disebabkan karena kelalaian dan kurang pahamnya masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sehingga diharapkan masyarakat kabupaten luwu timur lebih paham, cerdas serta beretika dalam berlalu lintas,” kata Irwan

Sebelumnya Wakapolres Lutim Kompo Sunardjo selaku insfektur Upacara menyampaikan bahwa Polres Luwu timur akan menggelar razia ‘Operasi Zebra 2017’ untuk menindak pelanggar lalu lintas. Operasi digelar selama dua pekan mulai Rabu 1 November sampai dengan 14 November 2017,”

Operasi terpusat yang digelar secara serempak ini menyasar pengendara yang tidak taat hukum. Sasaran operasi mulai dari pengemudi motor, mobil pribadi hingga angkutan umum.

“Sasarannya di antaranya muatan berlebihan (overload, over capacity, over dimensi), kemudian melawan arus, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat motor dan pelanggaran lainnya yang terlihat secara kasat mata,” jelasnya.

Dalam operasi ini, pihak kepolisian lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. Operasi bertujuan untuk meningkatkan kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kemudian untuk menurunkan angka fatalitas laka lantas, karena kecelakaan sering diawali dengan pelanggaran lalu lintas,” imbuhnya.

Dalam operasi zebra 2017 ini ,mengerahkan sejumlah personel gabungan yang diharapkan mampu berkoordinasi dengan baik diantaranya dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub),Sentra Komunikasi (Senkom) dan Satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.