HEADLINE TOPIK:
Bupati Luwu Timur Hadiri Ritual Karya Ngenteg Linggih
Jumat,2 Februari 2018 | 23:33 WITA | Rilis

Umat Hindu di Kabupaten Luwu Timur melakukan ritual karya Ngenteg Linggih Wrehaspati Kalpa Alit Merajan. Ritual tersebut dihadiri Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler yang berlangsung di Griya Kertha Ashram, Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, Jumat malam (02/02/2018 ).

Ketua Panitia Drs.I Wayan Sudiarsa melaporkan, kegiatan ini sudah dimulai pada tanggal 15 Januari hingga 05 Februari 2018 mendatang. Sementara puncak acara akan berlangsung besok 03 Februari 2018.

Rangkaian Kegiatan karya ngenteg linggih wrehaspati kalpa alit merajan ini berupa pembersihan tempat, korban suci (cari), darmayatra, ( mengambil air suci di pantai ujung suso), potong gigi massal, pembersihan diri massal dan menghaturkan piodalan ( hari ultah tempat suci) dan Ketua PHDI Sulsel, I Nyoman Sumarya besok dijadwalkan hadir,“ jelasnya.

“Saya mewakili warga mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, dan semua pihak yang telah hadir dan juga membantu kami. Kami berharap komunikasi dan hubungan baik ini bisa terus terjaga, kehadiran Bapak Bupati memberikan semangat kepada kami” ungkapnya.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia dan seluruh warga yang terlibat dalam karya Ngenteg Linggih ini. Apalagi ini diwujudkan dengan semangat gotong royong, kekompakan dan kebersamaan begitu besar, ini menunjukkan bahwa masyarakat di sini ulet, pekerja keras dan religius ,” ucapnya.

“Dengan bersatu padu dan dilandasi kebersamaan sesulit apapun permasalahan, akan menjadi ringan dan jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah, Niscaya apapun yang masyarakat butuhkan pasti terealisasi, kuncinya kebersamaan, Saya sangat mendukung kegiatan karya ngenteg linggih wrehaspati kalpa alit merajan ini, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya

Suasana yang aman, damai dan penuh persaudaraan adalah modal utama dalam membangun dan memajukan kehidupan bangsa, negara dan daerah kita. Mari kita pelihara,” tutup Husler.

Dalam acara tersebut Bupati Luwu Timur, Thorig Husler didampingi Pembina Hindu Sulawesi Selatan, Simon Parante, Ketua PHDI Luwu Timur, Drs. I Wayan Sudarsana, M.Pd, Anggota DPRD Luwu Timur, I Made Sariana. Dalam kesempatan itu pula Husler juga dipakaikan gelang Ginting, oleh Mangku Adat Putu Sara dan diberikan buku “Bhagavad Gita atau Nyanyian Tuhan oleh Prabu Darmayasa yang juga penulis buku tersebut.

Selain Bupati hadir pula Camat Tomoni Timur, Kapospol Tomtim, Mantong, Dari Koramil Mangkutana, I Wayan Tabel, Kepala Desa Kerto Raharjo, I Made Suarta, Kades Margomulyo, Suwanto dan Kades Patengko , Ir.Welem Sinnen.

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.