Kanal: DPRD Luwu Timur

Rabu,7 Februari 2018 | 15:52 WITA | Reporter: Alpian Alwi

Komisi III DPRD Lutim Nilai TAPD ‘Begal’ APBD 2018

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Luwu Timur telah menyerahkan daftar alokasi kegiatan fisik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Luwu Timur tahun anggaran 2018 ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baru – baru ini.

Daftar alokasi kegiatan fisik ini pun menjadi sorotan dari komisi III DPRD Luwu Timur. Melalui ketua Komisi III, Herdinang menilai, daftar yang dikirim oleh TAPD tidak sesuai dengan hasil pembahasan tingkat komisi dan Badan Anggaran (Banggar).

Menurutnya, kegiatan yang telah disepakati ditingkat Komisi dan Banggar telah di ‘begal’ atau dihilangkan oleh TAPD. Padahal, anggaran yang telah disepakati Eksekutif dan Legislatif tersebut seharusnya tidak diganggu gugat oleh siapapun.

“Kami dari komisi III mempertanyakan kegiatan yang hilang tanpa ada konfirmasi ke kita. Informasinya, bukan SKPD yang hilangkan tetapi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang ‘begal’ atau hilangkan,” ungkap Herdinang.

Pengaspalan diwilayah kota kecamatan Towuti misalnya, kata ketua fraksi partai Demokrat, telah disepakati oleh tingkat komisi dan Banggar dengan anggaran senilai Rp5 milyar, hanya saja dihilangkan oleh TAPD. “Harusnya ini dikoordinasikan ke DPRD,” ungkapnya.

Oleh karena itu, tambah Herdinang, komisi III DPRD dalam waktu dekat akan mengagendakan untuk memanggil TAPD untuk dimintai klarifikasi soal adanya kegiatan fisik tahun anggaran 2018 yang dihilangkan tersebut.

“Harusnya kalau ada yang mau diubah harus melalui mekanisme dan harus melalui pembahasan oleh DPRD karena APBD itu adalah persetujuan antara eksekutif dan legislatif. In Shaa Allah dalam waktu dekat kita undang TAPD,” ungkap Herdinang.

KEMBALI KE ATAS LIHAT VERSI DESKTOP