Kanal: Luwu Timur

Senin,26 Februari 2018 | 14:19 WITA | Reporter: Alpian Alwi / Rls

236 Unit PLTS SHS Terealisasi ke Lima Desa Ini

Sebanyak 236 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Home System (SHS) telah terealisasi ke warga. Program ini sebagai wujud nyata Pemerintah Daerah Luwu Timur kepada warga yang tidak terjangkau aliran listrik PT PLN.

Program hibah ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 senilai Rp2.592.480.000. Dari jumlah bantuan tersebut telah tersebar ke 5 desa yakni, Tabaroge, Lakawali Pantai, Manurung, Pasi – Pasi, dan Rante Mario.

“Semoga melalui program ini masyarakat yang tidak terjangkau jaringan PT PLN dapat menikmati penerangan listrik,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertananan (DPKPP) Luwu Timur, Zainuddin.

Salah seorang warga Dusun Tengko Situru, Desa Rante Mario Kecamatan Tomoni, Hendrik merasa sangat bersyukur. Soalnya, program ini sudah lama dinantikan masyarakat

“Kami menyampaikan kepada Pak Bupati bahwa penerangan listrik tenaga surya saat ini sudah dipasang, kami mengucapkan terima kasih, kami sudah merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Somad. Kepala dusun Bau – Bau, desa Tabaroge, kecamatan Wotu ini mengaku sudah 2 tahun lamanya program tersebut dinantikan masyarakat. Alhamdulillah, akhirnya terealisasi.

“Sudah 2 Tahun menunggu program ini, kami berterima kasih kepada pemerintah yang sudah mewujudkan janjinya untuk memberikan kami lampu tenaga surya, khususnya nelayan empang yang tidak masuk jaringan listrik PLN,” ungkap Somad.

Berdasarkan data yang dihimpun, 236 unit PLTS SHS telah terealisasi di 5 desa se Luwu Timur. Dari jumlah tersebut, desa Tabaroge mendapat, 40 unit, Lakawali Pantai, 99 unit, Manurung, 42 unit, Pasi-Pasi, 24 unit, dan Rante Mario, 31 unit.

KEMBALI KE ATAS LIHAT VERSI DESKTOP