HEADLINE TOPIK:
Serahkan Alat Seni Reog Ponorogo, Husler : Ini Murni Dari Pemerintah Daerah
Selasa,26 Maret 2019 | 12:59 WITA | Kominfo

Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga menyerahkan bantuan alat kesenian daerah Reok Ponorogo kepada Kelompok Seni Reog Singo Manunggal. Penyerahan seperangkat alat kesenian reog ini ditandai dengan penyerahan gendang oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, kepada Ketua Kelompok Seni Reog Singo Manunggal, Muji Purnomo, di Gedung Serbaguna Kalaena, Senin (25/03/2019).

Penyerahan alat kesenian ini diawali dengan penandatangan berita acara penyerahan dari Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Hamris Darwis, kepada Ketua Kelompok Seni Reog Singo Manunggal, Muji Purnomo disaksikan langsung Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dan anggota DPRD Kab. Luwu Timur, Idrus.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler mengatakan, penyerahan alat kesenian ini memang bagian dari visi misi Pemerintah untuk mendukung pengembangan pelestarian seni dan budaya di masyarakat Luwu Timur yang sangat majemuk. Dengan semakin banyaknya dukungan Pemerintah terhadap pelaku seni dan budaya maka hal ini sangat bernilai dalam menunjang program prioritas pemerintah daerah disektor pariwisata.

“Kesenian semacam ini harus kita tampilkan pada even-even Pemerintah daerah, sekaligus kita perkenalkan bahwa daerah kita ini kaya akan budaya dan seni yang berkembang di masyarakat sehingga kita lebih dikenal sebagai Indonesia mini,” kata Husler.

Disisi lain, kesenian yang banyak ini juga akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Luwu Timur. Hal ini tentu akan berpengaruh positif terhadap perkembangan pariwisata daerah.

Namun Husler juga menekankan bahwa, bantuan yang diserahkan Pemerintah ini memang sejalan dengan program Pemerintah. “Jadi kalau ada pihak yang mengatasnamakan bantuan ini, mengingat beberapa hari lagi kita akan melaksanakan Pemilu, saya tegaskan itu tidak benar. Bantuan ini murni dari Pemerintah daerah, tidak ada hubungannya dengan pemilu,” tegas Husler.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengharapkan alat kesenian yang diberikan itu dijaga dan dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.