HEADLINE TOPIK:
Negatif Formalin, Pangan Segar Di Pasar Wawondula Aman
Jumat,24 Mei 2019 | 21:12 WITA | Kominfo

Tim terpadu Pengawasan Barang dan Jasa Kabupaten Luwu Timur mengungkapkan bahwa Pangan segar di Pasar Wawondula, Kecamatan Towuti berupa Ikan Segar, Daging Ayam, Tahu, Terasi, Ikan kering, Udang dan sejenisnya, aman dikonsumsi oleh masyarakat dan tidak mengandung formalin.

Hal tersebut dikatakan Andi Polejiwa Matandung, selaku ketua Tim Pengawasan BDKT dan Makanan, Kabupaten Luwu Timur, Jumat (24/05/2019) di Malili.

Menurut Andi Polejiwa, Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bekerjasama petugas LOKA POM Palopo, pada tanggal 21 Mei 2019 melakukan pemeriksaan sampel kedua pangan segar yang ada di Pasar Wawondula tersebut untuk memastikan apakah mengandung formalin atau tidak.

“Dari hasil uji laboratorium petugas Loka POM Palopo, ternyata ditemukan hasil Negatif pada pangan segar yang telah diuji tersebut, sehingga disimpulkan bahwa pangan segar yang ada di pasar Wawondula tidak mengandung formalin, sehingga aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat,” jelas Polejiwa.

Sebelumnya, diberitakan bahwa telah dilakukan uji formalin dengan menggunakan Tes Kit Formalin  terhadap Pangan Segar di pasar Wawondula oleh petugas Laboratorium Puskesmas Wawondula pada tanggal 18 Mei 2019. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan beberapa sampel pangan segar yang diduga positif mengandung formalin.

Namun, untuk menguji keakuratan temuan tersebut, maka tim terpadu mengambil sampel kedua yang berbeda dari sampel sebelumnya lalu dilakukan uji lab oleh Loka POM Palopo, hasilnya negatif alias tidak ditemukan kandungan formalin pada pangan segar tersebut. (ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.