HEADLINE TOPIK:
Alokasikan Dana Jamkesmas 32 Miliar, Husler : Kalau Sakit Berobat Ki Semua
Minggu,26 Mei 2019 | 08:00 WITA | Kominfo

Salah satu Program prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur adalah di sektor kesehatan. Program ini difokuskan pada pelayanan Jaminan Kesehatan (Jamkesmas) kelas III bagi seluruh masyarakat yang diintegrasikan ke BPJS Kesehatan. Alokasi dana yang dikucurkan Pemerintah Daerah untuk sektor ini mencapai Rp. 32 Miliar.

“Kalau sakit, berobat ki semua, ada ji anggaran Rp. 32 miliar yang Pemkab Luwu Timur siapkan untuk pelayanan kesehatan kelas III bagi seluruh masyarakat Luwu Timur,” kata Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, saat Safari Ramadhan di Kecamatan Tomoni, Sabtu (25/05/2019) kemarin.

Menurut Husler, pelayanan kesehatan kelas III itu diberikan Pemerintah daerah untuk menjamin masyarakat Luwu Timur guna mendapatkan pelayanan kesehatan. “Untuk saat ini kemampuan daerah hanya sebatas pelayanan kelas III, Insya Allah kalau anggaran daerah bertambah, kita bisa tingkatkan pelayanannya,” kata Husler disambut tepuk tangan masyarakat.

Selain sektor kesehatan, kata Husler, program lainnya seperti bantuan keuangan bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu tahun ini di alokasikan bagi 5000 mahasiswa dengan anggaran Rp. 20 Miliar. Termasuk pula program disektor pertanian dalam arti luas dan pelayanan infrastruktur terus ditingkatkan.

Camat Tomoni, Umar Hasan Dalle dalam laporannya mengatakan, masyarakat Tomoni sangat berharap agar Pemerintah Daerah bisa melakukan rehabilitasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumber Alam. Menurutnya, kondisi TPA tersebut sudah tidak mampu menampung sampah sebab tidak hanya melayani sampah di Kecamatan Tomoni saja, tapi juga sampah dari empat kecamatan lainnya.

Menanggapi hal itu, Husler berjanji akan memprioritaskan hal itu, karena salah satu tujuan Safari Ramadhan Pemerintah daerah ini selain membangun silaturahmi juga untuk mendengar masukan dan saran masyarakat.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Husler melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Tomoni dan pemberian bantuan sosial bagi lansia, Kube dan penyandang disabilitas senilai Rp. 113.000.000. Kemudian bantuan pelatih sanggar seni untuk 10 sanggar seni serta bantuan untuk masjid At-Taqwa Rp. 95.000.000, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Rp. 75.000.000 dan Masjid Nurul Hidayah senilai Rp. 35.000.000.

Turut hadir pada safari ramadhan ini, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Anggota DPRD, Tugiat dan Rully Heriawan, Perwira Penghubung, Suparman, Kepala Pengadilan Agama Luwu Timur, Mahyuddin, Kakan Kemenag Lutim, Muhammad Nur Khalik dan beberapa OPD Lingkup Pemkab Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.