Kanal: Luwu Timur

Rabu,5 Juni 2019 | 12:21 WITA | Reporter: Kominfo

Kadiskes Lutim Pantau Layanan PKM di Hari Lebaran

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. H. April, hari ini (05/06/2019) bertepatan hari raya Idhul Fitri 1440 H, usai melaksanakan sholat Idhul Fitri di Lapangan Andi Nyiwi, melakukan pemantauan layanan kesehatan di Puskesmas (PKM) Malili.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan oleh petugas kesehatan kepada pasien di PKM itu berjalan seperti biasa, meskipun bertepatan hari raya Idhul Fitri. Pemantauan ini juga untuk koordinasi langsung terkait kesigapan UGD, mobil Ambulance, sopir serta tenaga kesehatan yang bertugas di PKM Malili, dalam penanganan pasien yang mengalami kecelakaan dan saat ini sedang dirawat.

Dalam kunjungan ini, Kadis Kesehatan, H. April menyatakan salut kepada para staf PKM Malili yang tetap bersemangat bertugas meskipun hari libur sekaligus mensupport mereka dengan harapan bahwa, jerih payah mereka yang tanpa pamrih menolong orang lain yang sedang sakit akan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Menjelang libur lebaran pekan lalu, Kadis Kesehatan Lutim juga telah mengintrusikan kepada seluruh jajarannya, dalam rangka libur hari raya idhul fitri, pelayanan gawat darurat agar dilaksanakan 24 jam terutama untuk Pustu atau Poskesdes terpencil yang jauh aksesnya dari Puskesmas. Apabila ada petugas ASN izin untuk tinggalkan tempat, maka tugasnya wajib dialihkan kepada petugas Pustu terdekat atau kepada tenaga sukarela penduduk setempat yang tidak mudik. Begitu pula dgn UGD PKM 24 jam, harus beroperasi alias tidak boleh lepas dari instruksi dokter tugas jaga atau on call.

Sementara kepada Kepala Puskesmas yang sedang berlibur dan meninggalkan tempat tugasnya, Kadis Kesehatan Lutim ini meminta mereka agar tetap pantau 24 jam kondisi pelayanan Puskesmas sebagai bentuk tanggungjawab moral kepada sesama. Kepala PKM juga diminta agar tetap mengaktifkan hand phone agar dapat dihubungi dan dimonitor oleh pimpinan.

“Tolong dipantau keselamatan warga ta di PKM dan jaga keselamatan bila perjalanan bepergian, karena hampir tiap hari kita lihat kabar ada orang kecelakaan,“ pinta dr. April.

Selain di Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan Lutim juga menginstruksikan kepada Kepala PKM dan Seksi Dinas Kesehatan agar terus memonitor petugas kesehatan yang bertugas di Pos operasi Ketupat pada empat lokasi yaitu ; Sorowako, Malili, Wotu dan Burau, dari tanggal 29 Mei hingga 10 juni 2019, termasuk petugas kesehatan Desa dan tim Medis PKM untuk melakukan pantauan di tempat keramaian dan objek wisata selama liburan yang biasanya rawan terjadi lakalantas ketika beraktifitas di jalan raya.

Secara umum, menurut Kadis Kesehatan Lutim, pelayanan kesehatan di Puskesmas se-Luwu Timur berjalan dengan normal, semua petugas kesehatan dalam kondisi siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan gawat darurat kepada masyarakat yang membutuhkan. (ikp/kominfo)

loading...
KEMBALI KE ATAS LIHAT VERSI DESKTOP