Kanal: Luwu Timur

Selasa,9 Juli 2019 | 13:03 WITA | Reporter: Kominfo

Serahkan 200 Unit Alsintan, Husler : Target 1000 Traktor Roda Dua Tercapai

Tekad Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk mendorong pengembangan sektor pertanian yang menjadi penopang perekonomian terus dilakukan. Seperti hari ini, Selasa (09/07/2019), Pemkab Luwu Timur melalui Dinas Pertanian kembali menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani berupa traktor roda dua.

Penyerahan bantuan alsintan sebanyak 200 unit diserahkan langsung Bupati Luwu Timur di Aula Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler dalam sambutannya menerangkan, alat mesin pertanian yang diserahkan ini merupakan Kegiatan Prioritas (KP1) yang harus dipenuhi. Hal ini sejalan dengan Program Prioritas Pemerintah daerah yang tertuang dalam RPJMD 2016 – 2021 yang muaranya untuk mencapai visi “Luwu Timur Terkemuka 2021”.

“Pengadaan traktor ini secara bertahap selama 5 tahun, target kami sebanyak 1.000 unit namun yang sudah teralisasi sebanyak 1.005 unit, ini berarti target KP1 untuk pengadaan Traktor Roda Dua sudah terpenuhi,” terang Bupati.

Namun menurut Husler, dari jumlah tersebut masih dianggap kurang, mengingat luasan sawah dibanding dengan jumlah traktor yang ada idealnya kebutuhan traktor dua roda dibutuhkan sebanyak 1.310 unit.

“Dengan masih terbatasnya alat mesin pertanian, maka harapan kami dengan adanya traktor agar dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat mengurangi terjadinya keterlambatan tanam di lapangan,” ujar Husler.

Diakhir sambutan, Husler dengan bangganya mengucapkan rasa terima kasih kepada kelompok tani yang telah bersama-sama turut mewujudkan dan menopang pencapaian visi misi Kabupaten Luwu Timur.

Tidak hanya menyerahkan alsintan secara simbolis, Husler juga secara langsung bersama-sama kelompok tani mengecek kondisi alat yang masih baru tersebut.

Sejumlah alsintan traktor roda dua yang dibagikan berjajar di halaman Kantor Dinas Pertanian, semuanya merupakan pengadaan di tahun 2019 dengan alokasi anggaran yang dikucurkan mencapai Rp. 5,2 Miliar. (hms/ikp/kominfo)

KEMBALI KE ATAS LIHAT VERSI DESKTOP