" /> Husler Resmikan Alat Kesenian Jawa “Eko Budoyo” Di Desa Lera | Luwuraya.com
HEADLINE TOPIK:
Husler Resmikan Alat Kesenian Jawa “Eko Budoyo” Di Desa Lera
Selasa,20 Agustus 2019 | 22:58 WITA | Kominfo

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler menghadiri kegiatan kesenian wayang kulit warga Desa Lera, Kecamatan Wotu. Kesenian wayang kulit ini dirangkaikan dengan peresmian alat kesenian Jawa “Eko Budoyo” yang berlangsung di Desa Lera, Kecamatan Wotu, Selasa (20/08/2019) malam.

“Saya bangga, masyarakat Desa Lera yang kebanyakan etnis Jawa masih menjaga tradisi kesenian leluhur. Saya pernah enam tahun di Jawa. Kesenian seperti ini sangat sering saya saksikan waktu jaman kuliah dulu,” ungkap Husler.

Menurut Bupati, tradisi kesenian wayang ini mestinya di wariskan turun temurun kepada generasi berikutnya. Oleh karena itu, kedepan harus mulai dibuatkan sanggar seni di desa ini agar supaya bisa menjadi wadah untuk melestarikan kesenian tradisional wayang ini.

“Sebaiknya ada sanggar seni di desa ini, supaya ada tempat anak-anak kita menimba ilmu kesenian. Bisa memanfaatkan seniman lokal dan bahkan bila perlu kita datangkan seniman khusus wayang dari tanah Jawa untuk mengajarkan anak-anak kita disini, agar lebih semangat latihannya,” jelasnya.

Acara kesenian wayang kulit ini diawali penampilan Sinden yang dilanjutkan dengan cerita dan kisah pewayangan oleh Dalang Suwarso. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...