HEADLINE TOPIK:
Bupati Husler Buka Orientasi Anggota DPRD Lutim
Senin,16 September 2019 | 13:46 WITA | Kominfo

Sebanyak 30 Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur mengikuti Orientasi di Hotel Ibis Makassar. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu Timur, yang berlangsung tanggal 15 s/d 20 September 2019 mendatang. Kegiatan dibuka langsung Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler, Senin (16/09/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur mengatakan, anggota DPRD bukan saja hanya piawai dalam politik, melainkan juga harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal konsepsi dan teknik penyelenggaraan Pemerintahan dan pengawasan penyusunan anggaran dan hal lain yang berkaitan dengan tugas dan fungsinya sebagai legislatif.

“Selaku mitra Pemerintah daerah, saya berharap anggota DPRD dapat secara aktif mengawasi dan mengevaluasi setiap pelaksanaan program-program pembangunan Pemerintahan dan kemasyarakatan,” harapnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, H. Amran Syam mengatakan, orientasi dan pembekalan ini agar anggota dewan memiliki bekal dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya sabagai pengawasan penganggaran.

“Saya mengharapkan anggota dewan menjadi wakil rakyat yang berkualitas. Memiliki kepedulian, kemampuan dan integritas untuk mengawal perjalanan Pemerintahan lima tahun kedepan,” tutupnya.

Pelaksanaan orientasi ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Peraturan Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2018, tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 133 Tahun 2017, tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

Dalam aturan tersebut, setiap anggota DPRD Kabupaten/Kota wajib mengikuti orientasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh BPSDM Provinsi di seluruh Provinsi di Indonesia

Pada kegiatan ini, Bupati Luwu Timur juga tampil membawakan salah satu materi pembuka. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...