HEADLINE TOPIK:
Tim Verifikasi Nasional KKS 2019 Sambangi SDN 238 Mallaulu Sebagai Lokus Sekolah Sehat di Lutim
Minggu,6 Oktober 2019 | 16:07 WITA | Ryan

Hari kedua di Bumi Batara Guru, tim verifikasi nasional Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri yang diketuai dr. Carolina Rusdy Akib dan Iwan Nefawan, S.K.M. mengunjungi SDN 238 Mallaulu sebagai salah satu lokasi khusus (Lokus) Sekolah Sehat di Kabupaten Luwu Timur, Jum’at (04/10/2019) lalu.

Kedatangan Tim verifikasi disambut oleh dokter cilik dengan tarian dan lagu-lagu semangat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) selanjutnya melakukan penanaman pohon di Hutan Sekolah.

Didampingi Jufri, S.Pd.M.Si., kepala SDN 238 Mallaulu, dr. Carolina Rusdy Akib menanam pohon Tabebuya Pink dan Iwan Nefawan, S.K.M. menanam pohon Jati Putih untuk menambah koleksi tanaman di hutan sekolah juga menambah rindang halaman sekolah.

Usai melakukan penanaman pohon, rombongan tim verifikasi dibawa berkeliling sekolah mengunjungi toilet, green house, kantin sehat, dan UKS untuk menunjukkan secara langsung indikator implementasi kehidupan sehat mandiri di sekolah yang merupakan salah satu poin utama dalam penilaian Lomba KKS.

Jufri menuturkan bahwa, kunjungan tim verifikasi ini juga menjadi momentum untuk mengukur kesiapan SDN 238 Mallaulu untuk menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri.

“Kami memastikan yang telah kami lakukan ini tepat, dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan,” ujar Jufri usai mendampingi tim verifikasi.

Di Kecamatan Malili, lokus yang dikunjungi diantaranya kawasan perkantoran dan perindustrian sehat Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kawasan tertib lalu lintas dan transportasi sehat di kantor Dinas Perhubungan. Kawasan pemukiman, saranan dan prasarana umum sehat pada Bank Sampah Induk di Desa Puncak Indah serta sekolah sehat SDN 238 Mallaulu sebagai kawasan sehat yang mandiri. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...