Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Di Lutim, Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran
Jumat,15 November 2019 | 20:29 WITA | Ryan

LUTIM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Timur menyerahkan langsung Akta Kelahiran untuk seorang bayi yang baru lahir di Puskesmas Timampu, Kecamatan Towuti, Kamis (14/11/2019).

Akta kelahiran tersebut diserahkan langsung Kepala Seksi Kelahiran Disdukcapil, Sukmawaty Syam untuk seorang bayi bernama Syahrenza Hamzah pasangan dari ayah yang bernama Unnu dan ibu bernama Ofrance L. Kasie.

Inilah inovasi terbaru dari Disdukcapil yang diberi nama BALADA CAPIL (Bayi Baru Lahir Dapat Akta Kelahiran, KK, dan KIA dari Capil), dimana inovasi ini membuat si Bayi langsung memiliki Akte Kelahiran, KK, dan KIA bahkan sebelum keluar Puskesmas/Rumah Sakit tanpa bersusah payah lagi ke Kantor Capil hanya untuk mengurus sebuah Akta Kelahiran, karena petugas Capil yang akan mengantarkannya langsung ke tempat si Bayi dirawat.

Kepala Seksi Kelahiran, Sukmawaty Syam mengatakan, Balada Capil merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Luwu Timur khususnya Disdukcapil untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA.

“Jadi, setiap ibu yang melahirkan di Puskesmas/RS dan telah mempersiapkan nama anaknya, bisa langsung mendapatkan Akta Kelahiran, KK dan KIA bayinya tanpa harus ke Kantor Capil. Cukup dengan mengisi formulir Permohonan Akta Kelahiran yang sudah kami bagi ke setiap Puskesmas dan melengkapi persyaratan lainnya yaitu KK Asli, Surat Keterangan Lahir Asli, Fc. Buku Nikah/Akta Perkawinan atau mengisi Surat Pertanggung Jawaban Mutlak Kebenaran Data Suami Istri bagi yang tidak memiliki Buku Nikah/Akta Perkawinan serta Fotokopi KTP Orang Tua selanjutnya Bidan akan menginformasikan ke Dinas Dukcapil untuk selanjutnya diproses dan diantarkan ke Puskesmas,” urai Sukmawaty.

Ia pun berharap kerjasama kepada setiap Bidan Puskesmas khususnya di Kelas Ibu Hamil untuk menginformasikan dan mengedukasi setiap ibu hamil sebisa mungkin sudah mempersiapkan Nama bagi anaknya sebelum melahirkan.

Sementara Unnu ayah sang bayi yang telah merasakan inovasi ini mengaku sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya program ini. Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat dalam mengurus Akta Kelahiran karena tidak perlu lagi capek-capek ke Kabupaten hanya untuk mengurus Administrasi Kependudukan.

“Terima kasih kepada petugas dukcapil telah mengantarkan Akta Kelahiran anak saya. Saya berharap program ini terus berjalan karena ini sangat bermanfaat buat masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pelayanan Administrasi Kependudukan semuanya GRATIS tanpa pungutan biaya. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam memberikan pelayanan terbaik Kepada Masyarakat menuju Kabupaten Luwu Timur Terkemuka. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...