Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Peringati Harganas, Wabup Irwan Tekankan Pentingnya Keluarga Harmonis
Jumat,15 November 2019 | 21:38 WITA | Ryan

LUTIM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2019. Kegiatan diawali jalan sehat dan pawai defile Kecamatan mengambil start Lapangan Merdeka Malili dan finish di Kantor DP2KB Puncak Indah Malili, Jumat (15/11/2019).

Pelepasan peserta jalan sehat dan pawai defile antar kecamatan kader dan penyuluh KB yang dilepas Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam. Turut hadir Ketua Pengadilan Negeri Malili, Khairul, Ketua PKK Kabupaten Luwu Timur, Puspawati Husler dan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu Timur.

Kepala DP2KB Luwu Timur, Rapiuddin Thahir mengatakan, peringatan Harganas ke-26 tahun ini merefleksikan 4 konsep pendekatan ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi termasuk menguatkan kembali gerakan ketahanan keluarga.

“Kembali kemeja makan dan delapan fungsi keluarga. Konsep ini sangat bermanfaat dalam menghadpi era 4.0 agar anggota keluarga tetap memiliki ketahanan dan tetap berinteraksi langsung di tengah pemanfatan teknologi yang kian dikedepankan,” tambahnya.

Lanjut Rapiuddin, Harganas ke-26 juga sekaligus menjadi ajang menggelorakan dan mensosialisasikan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Kegiatan ini diikuti 800 orang yang merupakan seluruh PLKB, Kader IMP (PPKBD dan Sub PPKBD), dan OPD Luwu Timur,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, peringatan Hari Keluarga harus dimaknai dengan semakin pentingnya membangun suasana harmonis dalam keluarga. Sebab jika suasana keluarga tidak harmonis maka bisa dipastikan segala akivitas ikut terganggu.

“Kalau keluarga tidak harmonis, biasanya akan berpengaruh di pekerjaan bagi seorang ayah dan bagi seorang anak akan berpengaruh di sekolahnya. Jadi penting sekali menjaga hubungan harmonis dalam keluarga,” kata Irwan.

Orang nomor dua di Jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini juga mengingatkan ancaman Narkoba bagi generasi muda. Menurutnya, dengan membangun keluarga harmonis maka perilaku-perilaku negatif dapat dicegah.

“Perhatikan pergaulan anak kita. Jangan sampai terjerumus narkoba. Kita tentu sangat miris karena di Luwu Timur ini termasuk daerah darurat Narkoba,” kata Ketua BNK Luwu Timur.

Rangkaian kegiatan Harganas ini antara lain Penyerahan Lomba KB tahun 2019, penyerahan mobil mupen, Motor dan BKB Kit, pembagian Doorprize, Lomba Lari Karung Estafet, Bola Pipa dan penyuluhan PUP bagi PPKBD/Sub PPKBD dan pelantikan Forum Genre Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...