Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Peringati HAS 2019, KPA Lutim Membagikan Bunga di Jalan
Senin,2 Desember 2019 | 11:28 WITA | Ryan

LUTIM – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) Tahun 2019, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Luwu Timur membagikan bunga dan selebaran kepada masyarakat pengguna jalan, Minggu (01/12/2019).

Hari Aids Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati secara sederhana di Kabupaten Luwu Timur yang mengambil tema “AIDS DAY CARE
TOGETHER WE CARE”, yang bertempat di sekitar pasar tradisional Malili dan pertigaan lampu merah pada pagi hari. Sejumlah relawan dan aktivis membagikan bunga kepada pengguna jalan yang berhenti saat lampu merah.

Anggota KPA Kabupaten Luwu Timur, Budhy Santoso saat dikonfirmasi mengajak agar masyarakat meningkatkan kesadaran dan kepedulian dengan mengakses layanan kesehatan dengan melakukan tes HIV/AIDS.

Sosialisasi eksternal ini, lanjut Budhy, diharapkan agar masyarakat lebih memahami tahapan penularan HIV/AIDS hanya melalui tiga cara, hubungan badan (Air mani), Air susu dan darah.

“Untuk itu, mengimbau kepada masyarakat terutama yang memiliki resiko, untuk dapat memeriksakan diri ke layanan tes HIV terdekat dan melanjutkan dengan pengobatan sedini mungkin,” kata Budhy.

Peringatan dan kegiatan terkait Hari Aids Sedunia memang dilangsungkan cukup sederhana yakni ditandai pembagian bunga dan selebaran, terkait sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS kepada warga. “Kita tandai saja dengan aksi simpel hari ini,” tambah Budhy Santoso.

Kendati sederhana, KPA Luwu Timur menyebut aksi tersebut melibatkan beberapa pihak, mulai Organisasi dan juga lintas kelembagaan dalam melangsungkan aksi simpati pembagian bunga dan media informasi kepada pengguna jalan di pasar tradisional Malili dan persimpangan lampu merah.

Stigma masyarakat tentang ODHA (Oang Dengan HIV, AIDS) untuk menjauhi penyebab HIV, bukan penderitanya karena mereka juga punya hak hidup dan perlakuan yang manusiawi. “Jadi, yang dimusuhi itu adalah penyakitnya, bukan orangnya,” tegas Budhy. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...