Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Pemkab Lutim Bentuk Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19
Selasa,17 Maret 2020 | 12:46 WITA | Ryan

LUTIM – Pasca penyebaran virus Corona atau Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global dan darurat nasional, sejumlah pihak terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebarannya. Termasuk Pemkab Luwu Timur yang bergerak cepat untuk segera membentuk gugus tugas penanganan Covid-19 dilingkup wilayah kerjanya berdasarkan Surat Edaran KepPres No. 7 Tahun 2020 mengenai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Gugus tugas tersebut nantinya akan bertugas melayani aduan masyarakat dan memberikan informasi faktual dan aktual. Khususnya terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Luwu Timur. Hal tersebut terungkap pada Rakor pencegahan Covid-19 Luwu Timur yang berlangsung di Aula Rujab Bupati, Senin (16/03/2020).

Mewakili Bupati Luwu Timur, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli dalam sambutannya mengatakan, selain pembentukan gugus tugas, nantinya Pemkab Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan akan menggencarkan sejumlah program edukasi pola hidup bersih dan sehat, maupun dengan sosialisasi diantaranya membiasakan cuci tangan dengan baik dan benar.

Selain itu, Sekda meminta Diskominfo membuat beragam informasi seputar Covid-19 dan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, menyediakan sarpras sanitasi berupa hand sanitizer baik ditempat umum maupun perkantoran.

Selanjutnya, berdasarkan surat edaran dari Gubernur Sulawesi Selatan terkait kondisi penyebaran Covid-19, segera akan dibuat surat edaran terkait seluruh aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dijenjang TK hingga SMA untuk dilakukan dirumah.

Sehubungan dengan serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, kemungkinan akan dibatalkan atau ditunda sementara pelaksanaannya. Termasuk kegiatan yang bersifat mengundang keramaian juga sementara waktu untuk dapat dihentikan.

Mengenai ASN yang saat ini sedang dinas diluar daerah, nantinya akan diobservasi terlebih dahulu sebelum masuk ke Kabupaten Luwu Timur guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah juga meminta seluruh jajarannya untuk proaktif mendukung penuh pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya selalu rutin menerapkan hidup sehat.

“Saya juga himbau kepada semua jajaran OPD dilingkup Pemkab Luwu Timur untuk dapat membatasi kegiatan rapat maupun kegiatan berpergian yang tidak penting. Saya juga mau semua pihak untuk saat ini, agar dapat meminimalisir potensi penyebaran virus Covid19,” tambahnya.

Pertemuan yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Gugus tugas akan menyusun rencana aksi penanganan Corona mulai dari tahapan Promotif dan Preventif, serta Kuratif dan Rehabilitasi. Gugus Tugas ini akan melibatkan semua unsur masyarakat, baik dari ASN, Polri dan TNI.

Kepala BPBD Luwu Timur, M. Zabur juga menambahkan agar masyarakat diminta untuk tetap tenang dan selalu waspada dalam menyikapi kondisi Covid-19 di Indonesia saat ini. Semua tindakan yang perlu disiapkan akan diteruskan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19, termasuk pemeriksaan dan pencegahan diperbatasan laut, darat dan udara.

Melalui Dinas Kesehatan, Dr. Rosmini Pandin juga menyampaikan telah menyiapkan sarana, sumber daya dan personel kesehatan yang terlatih untuk penanganan khusus suspect dan pasien Covid-19 sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Untuk diketahui, dalam kegiatan rakor penanggulangan dan pencegahan Covid-19 ini turut dihadiri Staf Ahli, Kepala OPD, Para Kabag dan Kasubag, Direktur RSUD I Laga Ligo dan undangan. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...