Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Kuasa Hukum Ibas-Rio Beberkan Fakta Pelanggaran TSM di Sidang Perdana MK
Kamis,28 Januari 2021 | 12:02 WITA |
Suasana sidang PHP Pilkada Luwu Timur di gedung MK RI, Kamis (28/1/21)

Tim Kuasa Hukum pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur nomor urut 2 (dua), Irwan Bachri Syam – Andi Muhammad Rio Patiwiri (Ibas-Rio) telah mengikuti sidang Pendahuluan Sengketa Pilkada Luwu Timur Tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada  Kamis (28/1/2021).

Sidang dengan agenda pembacaan Permohonan Pemohon ini menghadirkan Pemohon melalui Tim Kuasa Hukumnya dan Termohon dalam hal ini KPU Luwu Timur dan Bawaslu, termasuk pihak terkait. Persidangan ini dipimpin oleh Ketua Mahkamah Kostitusi RI, Anwar Usman.

Tim Kuasa Hukum Paslon Ibas-Rio sebagai Pemohon, dalam persidangan tersebut dipimpin langsung Ketua Tim kuasa hukum, Muhammad Ikbal.

Dalam permohonannya, disebutkan jika Pilkada Luwu Timur telah terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan massif. Beberapa pelanggaran yang dimohonkan dalam perkara ini seperti keterlibatan ASN yang secara nyata memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut 1, dan juga adanya pemilih tambahan yang diduga bukan merupakan warga Luwu Timur yang terjadi secara massif terjadi di sejumlah kecamatan.

“Adanya pelanggaran di beberapa TPS, di Kecamatan Towuti dan Tomoni akan tetapi tidak ada rekomendasi untuk dilakukan pemilihan suara ulang (PSU), termasuk adanya pemilih tambahan (DPTb) yang melakukan pencoblosan di beberapa TPS, akan tetapi bukan warga Kabupaten Luwu Timur,” ujar Hendra Firmansyah, yang juga selaku tim kuasa hukum Ibas-Rio.

Dalam sidang perdana ini, Hakim melakukan pengesahan terhadap alat bukti dan alat bukti tambahan yang diajukan oleh pemohon.

Salah seorang Hakim MK, Prof Enny Nurbaningsih, juga sempat mempertanyakan keberadaan pihak terkait, Budiman Hakin yang tidak hadir dalam siding tersebut, baik secara langsung di Gedung MK RI, maupun secara daring.

Majelis hakim MK juga menunda sidang hingga Kamis (4/2/21) pekan depan dengan agenda mendengar jawaban termohon, keterangan Bawaslu, dan pihak terkait.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...