HEADLINE TOPIK:
Lima Pelajar di Lutra Terpilih Sebagai Duta Anak Tingkat Kabupaten
Kamis,8 April 2021 | 18:47 WITA |
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan penghargaan dan penganugerahan Duta Anak yang digelar digelar di Aula Hotel Bukit Indah Masamba, Kamis (8/4/21). (Sumber: Kominfo Luwu Utara)

Sebanyak lima pelajar di Luwu Utara, terpilih dan dianugerahkan sebagai Duta Anak tingkat Kabupaten, setelah melalui sejumlah tahapan seleksi yang digelar oleh Forum Anak Luwu Utara (Falutra). Pengumuman dan penganugerahan Duta ANak ini digelar di Aula Hotel Bukit Indah Masamba, Kamis (8/4/21).

Kelima pelajar yang terpilih menjadi Duta Anak Luwu Utara dan 1 duta favorit yaitu Aulia Putri Amelia, Ihsan, Muhammad Faizal, Azizah Azzahrah, Andi Radhesta, dan Agnesia Sinta.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Besse A Pabeangi mengatakan pemilihan duta anak berasal dari kandidat di berbagai wilayah.

“Mereka telah melalui proses seleksi ketat yang dilaksanakan secara online mulai pendaftaran tanggal 04-10 Maret, kemudian wawancara tahap pertama oleh fasilitator kabupaten dan provinsi pada 16 Maret. Sementara wawancara online tahap kedua dilaksanakan pada 24 Maret oleh DP2PA. Terakhir dilakukan penilaian visi dan misi calon duta anak melalui tayangan video pada 03 April 2021 sebelum dilakukan pengumuman hari ini,” kata Besse.

Ia berharap Forum Anak Luwu Utara (Falutra) bukan sekadar lomba, tapi juga menjadi wadah.

“Wadah bagi para peserta untuk menyalurkan aspirasi dan menjadi motivator, siap menjadi agen pelopor dan pelapor (2P) yang dapat berkontribusi dalam pembangunan mewujudkan Luwu Utara sebagai Kabupaten Layak Anak,” harap Besse.

Besse yang juga Kepala Dinas Sosial ini membeberkan, Falutra sangat berperan aktif bahkan hingga kondisi tersulit saat banjir bandang lalu.

“Mereka terjun langsung ke lapangan melakukan layanan psikososial, untuk itu mereka yang tergabung dalam Falutra mendapat apresiasi dari Gubernur Sulawesi Selatan sebagai Forum Anak yang Siap Siaga terhadap Bencana. Penghargaan itu diberikan pada Perayaan Hari Anak beberapa waktu lalu,” kata Besse.

 

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.