Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Tim UPT. BSMBTPH Sulsel Identifikasi Varietas Baru Lengkeng Lutim
Rabu,18 Mei 2022 | 11:28 WITA |

LUWU TIMUR – Tim identifikasi dari UPT. Balai Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT. BSMBTPH) Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin langsung Kepala Balai Ir. Mario Mega melakukan Identifikasi dan verikasi terhadap varietas lengkeng Kab. Luwu Timur, pada Jumat-Sabtu (14-15/05/2022).

Saat ini Kabupaten Luwu Timur, melalui petani buah yang tergabung dalam Gabungan Petani Buah (Gapetab) Kab. Luwu Timur sedang mengembangkan lengkeng jenis temperate yakni lengkeng yang memerlukan perlakuan khusus berupa pembosteran/perangsang untuk dapat membuahkannya, terutama di wilayah Kecamatan Towuti, Wasuponda, Malili dan Nuha.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur, melalui Kabid Pertanian dan Ketahanan Pangan, Rahmatulla Azis mengatakan, saat ini sudah ada kurang lebih 7000 an pohon yang dibudidayakan oleh petani melalui Gabungan Petani Buah Luwu Timur.

Terkait kehadiran Tim UPT. BSMBTPH Sulsel untuk melakukan identiifkasi, Rahmatullah mengatakan bahwa, tujuannya adalah melakukan identifikasi varietas baru Lengkeng Lutim yang nantinya akan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Kementerian Pertanian.

Oleh karena itu, saat ini tengah dipersiapkan nama varietas yang akan diusulkan, deskripsinya serta dokumen-dokumen yang disyaratkan serta membentuk tim penyusun makalah pendaftaran varietas.

“Jadi nantinya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Luwu Timur akan mengusulkan 3 nama untuk 1 Varietas kepada Tim guna dilakukan uji laboratorium. Dengan demikian, nantinya diharapkan kedepannya Lutim akan dikenal sebagai penghasil komoditi lengkeng dengan cita rasa premium,” tandas Rahmatullah Azis. (ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...