Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Bupati Budiman Buka International Seminar dan Tandatangani PKS Bersama Dekan FH Unhas
Selasa,27 Desember 2022 | 17:33 WITA | | 346 Kali Dibaca

LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka secara resmi International Seminar dengan tema “Business And Human Rights : Mining In Indonesia”, yang diselenggarakan di Gedung Ontaeluwu, Sorowako, Kecamatan Nuha, Selasa (27/12/2022).

Seminar ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dengan Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) tentang pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Bidang Hukum.

PKS tersebut ditandatangani oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, SH. MH. M.A.P. Usai penandatangan PKS, dilanjutkan dengan penyerahan Cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kepada Universitas Hasanuddin, begitupun sebaliknya.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengucapkan terima kasih kepada PT. Vale yang selalu mensupport hampir seluruh kegiatan pemerintah daerah. “Kita berharap beberapa kegiatan kedepan tetap di support oleh PT. Vale,” katanya.

Bupati Budiman juga memaparkan beberapa program prioritas Pemkab Lutim yang saat ini tengah berjalan, diantaranya Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 1 M 1 desa, mengubah jadwal olahraga ke hari Rabu, dan melakukan berbagi di hari Jumat.

“Mungkin berkat Jumat Berbagi inilah sehingga APBD Lutim terus mengalami peningkatan. Dan berharap dengan adanya Jumat Berbagi ini dapat mencegah terjadinya bencana di Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Budiman.

Selain program yang telah berjalan, lanjut Budiman, tahun 2023 mendatang kembali akan melaunching beberapa program baru yakni peduli lingkungan dengan tagline “Peduli Ki, Saya Jaga ki”.

“Program tersebut ialah menanam pohon durian musangking, tidak ada sampah plastik dan asap sampah, jalan kaki atau naik sepeda ke kantor, bebas asap rokok di kantor, membersihkan lingkungan, dan makan makanan tanpa beras. Hanya sekali sebulan saja kita lakukan ini yakni tiap tanggal 5 bulan berjalan karena tanggal 5 Juni merupakan hari Lingkungan Hidup,” ungkap Bupati.

Selanjutnya, Bupati Luwu Timur juga mengungkapkan bahwa, beberapa waktu yang lalu, pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-74 yang dilaksanakan di Jakarta, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM yang ke-5 secara berturut-turut.

“Capaian ini, merupakan upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam mendorong pemenuhan dan pemajuan Hak Asasi Manusia di Kabupaten Luwu Timur,” ungkapnya.

Terakhir, orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Lutim ini berharap melalui seminar ini dapat menjadi momentum dan dapat menghasilkan rekomendasi cemerlang yang dapat dibumikan dalam bentuk program kegiatan yang berpihak kepada masyarakat di Bumi Batara Guru.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat dan pencerahan kepada kita semua,” tandas Bupati Budiman.

Adapun narasumber utama pada seminar ini ialah Wakil Ketua KPK RI Periode 2015-2019, Laode M. Syarif, SH. LLM. Ph.D yang juga Akademisi Fakultas Hukum Unhas. Selain itu, juga hadir secara langsung sebagai narasumber yakni Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, SH. MH. M.A.P., Senior Manager Environment and Permit PT. Vale Indonesia, Tbk., Adli Lubis, Manager Social Development Program PT. Vale Indonesia, Tbk., Ardian Putra, Guru Besar Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. S.M. Noor, SH., MH.

Sementara narasumber yang hadir secara virtual yakni Dekan Sekolah Tinggi Hukum, Universitas Nasional Kaohsing, Taiwan, RoC, Prof. I-Ming Liao, LL.B. M.Sc. Ph.D, dan Wakil Presiden Direktur PT. Vale Indonesia, Tbk., Adriansyah Chaniago.

Hadir pada seminar ini, Kajari Lutim, Muhammad Zubair, Sekda Lutim, H. Bahri Suli, Perwira Penghubung, Mayor CBA. Bachtiar, para Asisten dan Staf Ahli Pemkab Lutim, para Kepala OPD dan Kabag lingkup Pemkab Lutim, para Guru Besar Unhas, Camat, Kepala Desa, dan tamu undangan. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...