BerandaLuwu TimurBupati Budiman Buka Raker Dewan Pengurus Cabang APDESI Lutim

Bupati Budiman Buka Raker Dewan Pengurus Cabang APDESI Lutim

LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kadis PMD, Halsen dan Ketua APDESI Luwu Timur membuka Rapat Kerja Dewan Pengurus Cabang APDESI Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023, yang berlangsung di Grand Maleo Hotel Makassar, Kamis, (16/03/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sangat bersyukur dapat bersilaturahmi melalui Rapat Kerja Dewan Pengurus Cabang APDESI Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023. Hal ini sebagai salah satu rangkaian proses pembangunan sistem kesatuan masyarakat hukum melalui upaya pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

“Keberadaan APDESI khususnya di Kabupaten Luwu Timur, merupakan wadah pemersatu pemerintah desa yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Di maksudkan untuk menyatukan visi dalam mempercepat proses perwujudan sistem kesatuan masyarakat hukum, baik dalam lingkup tataran masyarakat daerah maupun masyarakat desa,” ungkap Budiman.

Menurutnya, APDESI merupakan kekuatan yang besar dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan program kesejahteraan masyarakat. Terutama dalam program Bantuan Khusus Keuangan (BKK) Rp. 1 Miliar 1 desa yang tidak ditemui di tempat lain selain di Luwu Timur diluar dari program alokasi bantuan dana desa provinsi dan pusat.

“BKK itu belum termasuk Dana Pemberdayaan Desa sebesar Rp. 300 Juta per desa untuk 38 desa dan proyek strategis bagi desa yang memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, perikanan dan lain sebagainya. Pemerintah daerah juga akan terus mengusahakan pembiayaan seluruh potensi desa yang tertuang dalam RKPD dan Musrenbang Desa,” imbuhnya.

“Melalui Rapat Kerja Dewan Pengurus Cabang APDESI Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 ini, saya menaruh harapan besar, agar menyusun program-program yang dapat memberikan manfaat khususnya bagi seluruh kepala desa dan perangkat desa dan umumnya dapat memberikan konstribusi positif dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan daerah.” Tambah Bupati.

Terakhir, Budiman mengingatkan bahwasanya para kepala desa dan perangkat desa adalah satu kesatuan dalam bingkai perilaku dan pikiran dalam membangun Luwu Timur yang memiliki kekuatan keberagaman budaya dan agama.

“Teruslah solid melahirkan ide dan gagasan baru dalam mendorong kepentingan publik sesuai visi misi Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya,” tutup Bupati Budiman. (is/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

- Advertisement -spot_img
REKOMENDASI
Related News