BerandaLuwu TimurGandeng BPPKPD, 122 Kaur Perencanaan Desa Ikuti Bimtek di Makassar

Gandeng BPPKPD, 122 Kaur Perencanaan Desa Ikuti Bimtek di Makassar

- Advertisement -spot_img

LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerja sama dengan Lembaga Badan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Pemerintahan Daerah (BPPKPD) menggelar Bimbingan Teknis Sistematika dan Singkronisasi Penyusunan Dokumen RKP Desa dengan Dokumen APBDesa Tahun Anggaran 2024.

Bimtek tersebut dibuka langsung Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kadis PMD, Halsen yang ditandai dengan pengalungan kartu tanda peserta, yang dipusatkan di Hotel Grand Asia Makassar, Selasa (26/09/2023).

Bimtek yang diselenggarakan mulai tanggal 26-29 September 2023, diikuti Kaur Perencanaan se Kabupaten Luwu Timur sebanyak 122 Desa dengan Narasumber Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri, M. Rahayuningsih, S.Ag, M.Si.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan bahwa, pembangunan yang baik bersumber dari perencanaan yang baik pula, oleh karena itu, sangat menyadari bahwa peningkatan kapasitas dan kemampuan perencana pemerintah desa harus ditingkatkan secara berkala pemahamannya terhadap pekerjaan yang diembannya.

Dengan diadakannya Bimtek Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa ini, Budiman berharap akan mempercepat dalam proses pembuatan RKP Desa dan meningkatkan kemampuan Tim tentang teknis penyusunan sehingga dalam penyusunan rencana dapat maksimal, efisien dan efektif sesuai dengan perundang – undangan, dapat melaksanakan pembangunan desa yang berkesinambungan serta dapat mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan program pemerintah dan pemerintah daerah.

Menurut Bupati Budiman, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.

“Dokumen RKP Desa menjadi dasar Penyusunan Dokumen Penganggaran Desa, yakni APBDes, yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah,” imbuhnya.

Budiman juga meminta para peserta bimtek agar mengikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan ini dan menyimak semua materi yang disampaikan oleh para narasumber supaya nanti sepulangnya ke daerah masing-masing dapat menerapkan ilmu yang didapat melalui bimtek.

“Ikuti kegiatan ini dengan semangat dan simak semua materi yang akan dipaparkan nanti. Apalagi saat ini pihak panitia sudah menghadirkan langsung Narasumber Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri, M.Rahayuningsih, S.Ag, M.Si.,” tegasnya.

Sebelum menutup sambutannya, tidak lupa Budiman menyampaikan bahwa 2 Tahun dirinya menjadi Bupati banyak capaian dan prestasi yang di dapatkan diantaranya perkembangan APBD semakin meningkat.

“Di 2 tahun kemarin sebesar 1,4 triliun dan di tahun 2023 ini bisa mencapai 1,8 triliun lebih, dan harapannya tahun depan bisa mencapai lebih yang kita harapkan sehingga banyak yang bisa kita lakukan secara bersama-sama,” tutur Bupati.

Terakhir, Budiman berpesan kepada peserta bimtek agar rajin berdiskusi dan membaca aturan, manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan, tetapi regulasi harus selalu ditaati agar dalam melaksanakan fungsi dan tugas selaku perencanaan tidak ada permasalahan di kemudian hari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri, M.Rahayuningsih, S.Ag, M.Si, Kadis PUPR, Syahmuddin, Direktur RSUD I Lagaligo, APDESi Luwu Timur, PPDI Kabupaten Luwu Timur. (is/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

spot_img
REKOMENDASI
Related News