HEADLINE TOPIK:
Demi Misi Kemanusiaan, Enam Petugas PKM Burau Tangani 97 Pasien Di Hari Lebaran
Jumat,7 Juni 2019 | 11:16 WITA | Ryan

Disaat orang lain sedang menikmati liburan dan silaturahmi dengan keluarga di hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, petugas kesehatan di Puskesmas (PKM) justru harus bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat 1×24 jam tanpa kenal lelah. Resiko sebagai petugas kesehatan tidak bisa dielakkan, terpaksa harus mengesampingkan urusan pribadi dan keluarga untuk misi kemanusiaan yang lebih besar.

Kondisi inilah yang terlihat di Puskesmas Burau, Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, pada hari pertama lebaran Idul Fitri 1440 H, (05/06/2019) lalu. Puskesmas yang terletak di jalan poros trans Sulawesi ini, sejak pagi hingga tengah malam tidak berhenti menerima pasien, baik pasien yang kecelakaan hingga yang akan melahirkan bahkan dirawat inap di PKM.

Informasi yang dihimpun dari kepala Puskesmas Burau, Nurhapiah Hafid, menyebutkan bahwa, di hari pertama lebaran, Puskesmas Burau menangani pasien sebanyak 97 orang, dengan rincian : 15 orang pasien kecelakaan lalu lintas, 1 orang pasien korban kekerasan, 63 pasien penyakit lain, pasien dirujuk 15 orang , pasien rawat inap 12 orang dan pasien Partus (melahirkan) sebanyak 3 orang.

Dari jumlah pasien tersebut, ternyata hanya dilayani oleh tenaga kesehatan yang standby sebanyak 6 orang, dengan pembagian ; 2 petugas di rawat inap, 2 petugas di UGD, 1 orang petugas di apotik dan 1 orang lagi di kebidanan. Keenam petugas kesehatan inilah yang bertugas siaga 24 jam untuk melayani pasien dengan segala macam keluhan dan penyakit yang diderita.

Kepala Puskesmas Burau, Nurhapiah Hafid mengungkapkan bahwa, dengan jumlah pasien dibandingkan dengan petugas kesehatan tentunya sangat tidak berimbang, sehingga jika ada masyarakat yang kurang maksimal mendapatkan pelayanan agar dapat dimaklumi, karena itulah yang maksimal dilakukan, namun tetap dalam koridor Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kesehatan yang ditetapkan.

Oleh karena itu, Kepala Puskesmas Burau ini, berterima kasih serta mengapresiasi kerja keras stafnya yang sudah memberikan pelayanan maksimal selama libur lebaran untuk melayani masyarakat. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.