HEADLINE TOPIK:
Petugas Damkar Lutim Padamkan Api Yang Membakar Lahan Warga Lampia
Minggu,6 Oktober 2019 | 17:34 WITA | Ryan

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab. Luwu Timur berhasil memadamkan api yang membakar lahan milik salah seorang warga Lampia Desa Harapan, Kecamatan Malili, luas kurang lebih 1 hektare, Sabtu (05/10/2019) kemarin.

Petugas Siaga Posko Damkar Malili yang mendapat telepon terkait peristiwa kebakaran lahan ini langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Lutim, Burhanuddin saat dikonfirmasi mengatakan, armada damkar yang diturunkan hanya satu, karena satu unit dipersiapkan untuk memback up jika terjadi kebakaran di pemukiman warga, mengingat pihak yang melakukan penanggulangan dan pengendalian kebakaran hanya dari Pemadam Kebakaran Posko Induk Malili.

Upaya yang dilakukan adalah memproteksi daerah yang terbakar yang akan masuk ke pemukiman warga, meskipun pihaknya sedikit terkendala karena peralatan yang belum lengkap saat memadamkan api di hutan maupun lahan, seperti alat pelindung diri yang sangat terbatas dan juga tidak adanya mobil suplai air/tangki sehingga unit penyemprot harus bolak balik mengisi air yang jaraknya cukup jauh, padahal seharusnya pemadaman harus terus dilakukan karena kebakaran yang semakin meluas.

“Namun dengan semangat dan kegigihan yang tinggi, sesuai slogan kami “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”, petugas kami berhasil memadamkan api sebelum si jago merah tersebut masuk ke pemukiman warga,” terang Burhanuddin. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...