Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Kadis Perpustakaan Lutim Harap Pustakawan Punya Inovasi Untuk Tingkatkan Minat Baca
Selasa,26 Oktober 2021 | 13:50 WITA |

LUWU TIMUR – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur menerima kunjungan Lembaga Pendidikan Usia Dini Alam Islamic Rainbow School dari Desa Wonorejo Timur, Kecamatan Mangkutana, sebanyak 21 murid yang didampingi oleh 4 orang guru, di ruang Perpustakaan Anak, Senin (25/10/2021).

Kunjungan tersebut juga sekaligus dalam rangka memperingati Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) yang ke 20 tahun yang jatuh tepat hari ini Senin 25 Oktober 2021.

Kunjungan ini diisi dengan mendongeng oleh Pustakawan terampil, Marlina, sementara kegiatan Ice Breaking dipandu oleh Pustakawan Ahli Muda, Aristu Frisian, yang meniru suara hewan dan dilakukan tebak gambar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri, menyampaikan bahwa, dalam memasyarakatkan minat baca di jaman tekhnologi 4.0 ini memiliki tantangan yang berat, dimana buku mulai ditinggalkan dengan adanya gadget yang pemanfaatannya lebih ke permainan (game) dibanding untuk meningkatkan pengetahuan/ilmu yang bermanfaat.

“Oleh karenanya, para Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur harus memiliki inovasi yang dapat mengembalikan minat baca serta dapat menjadi inspirasi bagi stakeholder dalam peningkatan SDM masyarakat Luwu Timur khususnya,” jelas Satri.

Senada dengan itu, Pustakawan Ahli Muda, Aristu Frisian, mengatakan bahwa pemasyarakatan minat baca yang dimulai dari anak didik usia dini perlu pendekatan yang berbeda, tidak seperti pembelajaran umum di sekolah, jadi perlu penambahan teknik, seperti bermain sambil belajar, utamanya bagaimana anak bisa menyukai buku dahulu.

“Saya berharap kegiatan ini tetap berkelanjutan dan buku sebagai sumber ilmu, mulai digemari sehingga membaca buku yang merupakan investasi jangka panjang ini dapat terwujud, sehingga Luwu Timur Maju Berkelanjutan dapat tercapai,” terang Aristu.

Diakhir kegiatan, dilakukan penyerahan souvenir dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Luwu Timur kepada anak-anak yang berpartisipasi aktif pada acara tersebut. (rhj)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...