Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Dinsos P3A dan Kominfo-SP Lutim Sosialisasi Aplikasi SENTUH HATI
Kamis,8 Desember 2022 | 01:53 WITA | | 107 Kali Dibaca

LUWU TIMUR – Dalam rangka optimalisasi Penyediaan Sistem Informasi dan Data Gender dan Anak Kabupaten Luwu Timur, Maka Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) bekerjasama Dinas Kominfo-SP menggelar Sosialisasi Aplikasi SENTUH HATI.

Kegiatan yang berlangsung di Media Center Dinas Kominfo-SP Lutim, Rabu (07/12/2022) ini, dibuka Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo-SP), H. Hamris Darwis didampingi Kepala Dinas Sosial P3A, Sukarti.

Sosialisasi Aplikasi SENTUH HATI (Aplikasi Informasi Komunikasi dan Edukasi Setara Untuk Hak Tanpa Diskriminasi di Luwu Timur) dilaksanakan untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain itu, juga untuk menjalankan Amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional yang mengamanatkan kepada seluruh kementerian/lembaga dan daerah untuk melaksanakan pengarusutamaan gender guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional.

Kepala Dinas Kominfo-SP Lutim, H. Hamris Darwis mengungkapkan, Aplikasi SENTUH HATI ini murni dibangun oleh adek-adek programmer Dinas Kominfo-SP atas permintaan dari Dinas Sosial P3A Lutim.

“Aplikasi ini dibangun sekitar Bulan Oktober dan November 2022. Semoga di Bulan Januari 2023 sudah bisa digunakan melalui android atau mobile,” harap Hamris.

H. Hamris membeberkan, sistem data dan informasi Gender dan Anak ini diberi nama Aplikasi SENTUH HATI oleh Dinas Sosial P3A Lutim sehingga namanya lebih easy listening dan aplikasi akan segera dikembangkan dalam bentuk aplikasi mobile agar lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

“Dengan tersedianya aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu inovasi Kabupaten Luwu Timur dalam sistem penyajian informasi data gender dan anak sehingga dapat terpublikasi dengan baik untuk menjadi dasar dalam perencanaan penganggaran responsif gender dalam mempercepat pelaksanaan pengarusutamaan gender di Luwu Timur dan mudah diakses oleh masyarakat,” jelas Kadis Kominfo-SP.

Sementara Kepala Dinas Sosial P3A Lutim, Sukarti mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo-SP beserta jajarannya yang telah membantu membangun aplikasi SENTUH HATI ini.

“Kami berharap kepada para admin setiap OPD dan Kecamatan bersungguh-sungguh mengikuti sosialisasi ini, aplikasi SENTUH HATI ini merupakan inovasi dari Dinsos P3A yang akan diikutkan dalam lomba inovasi tahun depan,” tutur Sukarti.

Hadir pada sosialisasi ini, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Kominfo-SP, Muhammad Safaat DP. beserta Tenaga Programmernya, jajaran Dinas Sosial P3A Lutim, dan para Admin setiap OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...