Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Optimalkan Transformasi Digital, Pemda Lutim Gandeng PT. Vale
Jumat,30 April 2021 | 19:40 WITA |

LUTIM – Dalam rangka mengoptimalkan transformasi digital, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggandeng PT. Vale Indonesia Tbk. untuk menjalin kerjasama di bidang Pengembangan Teknologi Informasi (IT). Oleh karena itu, Kepala Dinas Informasi dan Teknologi (Diskominfo), Asisten Pemerintahan, Dohri As’hari dan Manajemen PT. Vale Tbk melakukan Rapat koordinasi terkait rencana kerjasama tersebut, di Ruang Media Center Diskominfo, Jumat (30/04/2021).

Asisten Pemerintahan, Dohri As’hari menyampaikan, dalam upaya pengembangan IT di Lutim, Pemkab Lutim menawarkan kerjasama dengan PT. Vale dan ternyata PT. Vale merespon dengan sangat baik hal itu.

“Karena IT PT. Vale juga saya kira sudah cukup bagus, sehingga jaringan Vale mungkin kita tidak ragukan untuk menggandeng orang-orang yang punya kemampuan atau keahlian untuk bisa bekerjasama dengan Pemda Lutim,” kata Dohri.

Dia juga menyebutkan, hal itu juga dilakukan untuk menjawab tantangan terkait transformasi ekonomi yang digaungkan oleh Presiden RI. “Jadi kedepan ini, kemungkinan semua mengarah ke digital, ini harus kita persiapkan. Apalagi kita juga akan menghadapi bonus demografi, Jadi, jika kita tidak menyesuaikan kondisi transformasi kedepan, ini mungkin akan menjadi beban bagi penduduk kita di Lutim,” sebutnya.

Selain itu, ia menambahkan, ada dua hal pokok yang menjadi fokus kerjasama dengan Manajemen PT. Vale Tbk. di antaranya, pengembangan IT aparatur Pemda dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk para Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Sekarang ini kegiatan-kegiatan pemasaran sudah melalui digital semua, tentu ini kita harus fasilitasi mereka, karena masa pandemi ini juga tidak bisa kumpul-kumpul jadi yah dipaksa kita untuk memanfaatkan teknologi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Luwu Timur, Masdin mengatakan, kerjasama ini dilakukan agar Pemda Lutim dan PT. Vale bisa saling mendukung dalam hal teknologi. “Agar pemerintah daerah dan PT. Vale saling mendukung dalam berbagai hal, salah satunya adalah dukungan tentang informasi dan teknologi yang kita gunakan,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Manajemen PT. Vale Tbk menyambut baik niat kerjasama itu, pihaknya berharap agar Diskominfo dapat berkunjung ke Perusahaan PT. Vale secara langsung, agar lebih mudah mempresentasikan secara teknik.

“Perlu memang dilakukan improvemen entah itu terkait dengan spesifikasi ruangan, secara fisik juga agak jauh dari yang kami bayangkan dan bagaimana mengoptimalkan data kehadiran dan mengintegrasikan dengan beberapa kegiatan atau hal-hal yang terkait dengan SDM yang ada di sini,” tutupnya. (ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...