BerandaLuwu TimurSosialisasi PBG dan Pengenalan SIMPG Dinas PUPR Lutim dapat Apresiasi dari Camat

Sosialisasi PBG dan Pengenalan SIMPG Dinas PUPR Lutim dapat Apresiasi dari Camat

LUWU TIMUR – Sosialisasi Perizinan Bangunan Gedung (PBG) dan Pengenalan Aplikasi SIMPG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung) yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Timur mendapat Apresiasi dari Camat.

Ialah Camat Tomoni Timur, Yulius yang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena sangat penting dan strategis untuk diketahui masyarakat.

“Intinya bahwa yang hadir pada kesempatan ini baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat, kita akan mendengarkan terkait dengan perizinan bangunan gedung. Berdasarkan catatan dari Dinas PUPR, ternyata masih banyak masyarakat yang ada di Tomoni Timur belum memiliki IMB,” ungkap Yulius.

“Kita dari unsur pemerintah yang sebagai ujung tombak dalam hal ini memberikan contoh kepada masyarakat, sehingga bisa lebih tertib dalam penataan pembangunan,” jelas Camat Tomtim.

Sementara Kabid Cipta Karya, Idiyana Sartian Umar menjelaskan bahwa, pemerintah telah menciptakan inovasi yang bernama Sini Bang untuk memudahkan masyarakat mengurus PBG sebelum membangun.

“Karena pelaksana aksi perubahan sinkronisasi perizinan bagunan (Sini Bang) yang mengacu pada Undang-undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Karya, Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 Tahun 2021 tentang bangunan gedung,” terang Idiyana Sartian Umar.

“Di Desa Patengko, ada 162 rumah yang tidak terdaftar atau memiliki PBG sehingga setelah melakukan pengisian surat izin bangunan, maka selanjutnya akan dilakukan peninjauan langsung kerumah bapak ibu,” pungkas Idiyana.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tomtim, Kamis (03/10/2024) ini, turut dihadiri para Kepala Desa se-Kecamatan Tomtim, Tokoh Masyarakat, Dinas PUPR beserta staf, Dinas Lingkungan Hidup, DPMPTSP dan Konsultan Perencana. (*)

spot_img
spot_img
REKOMENDASI
Related News