Quantcast
HEADLINE TOPIK:
Pengurus PABDSI Luwu Timur Resmi di Lantik
Minggu,21 November 2021 | 11:12 WITA |

LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman melantik dan mengukuhkan Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI). Pengurus PABPDSI Kabupaten Luwu Timur yang baru dan menjadi sejarah organisasi pertama BPD yang mempunyai jejering sampai tingkat pusat.

Total Anggota BPD dengan jumlah 876 dari 124 Desa yang pada hari ini dilantik dan dikukuhan dihadiri perwakilan pengurus. Acara ini berlangsung di Aula Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Sabtu (20/11/2021).

Ketua Panitia Pelaksana, Arman Bin Zaid mengatakan, pasca pengukuhan dan pelantikan PABPDSI Kabupaten Luwu Timur, maka para pengurus secara resmi dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik serta membawa nama organisasi lebih baik dan mempersatukan dari sekian banyak anggota BPD melalui wadah Organisasi dan menuai banyak prestasi.

“Dengan adanya PABPDSI maka seluruh pengurus harus dapat menjadi jembatan antara BPD dengan para kepala desa, karena salah satu fungsi organisasi ini dibentuk bertujuan untuk menjalin keharmonisan antara BPD dan Kepala Desa sehingga terjalin komunikasi yang diharapkan,” ujar Arman.

Sebelumnya, Anggota PABDSI mengambil Sumpah dan di rangkaikan dengan Penandatangan Berita Acara serta pemberian Bendera Pataka dari Ketua Umum PABDSI Provinsi Sulawesi Selatan Kepada Ketua Pengurus PABDSI Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman juga menyampaikan fungsi dari PABPDSI yakni menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja BPD desa.

Selain itu, PABPDSI mempunyai wewenang menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten baik secara lisan dan tertulis, melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja para anggota BPD desa, mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan kestabilan tata kelola pemerintahan yang baik.

Bupati Budiman memberikan selamat atas pelantikan dan pengurus PABPDSI Kabupaten Luwu Timur dan berharap untuk jalin komunikasi dengan baik serta menjalankan tugas secara loyal.

“Saya berharap, melalui momentum pelantikan ini, PABPDSI Luwu Timur telah menyatakan komitmen dan siap untuk bekerja dan bermitra dengan Pemerintah daerah, melalui program-program strategis yang nantinya direkomendasikan sebagai bahan referensi untuk memajukan pembangunan di daerah ini,” Ujar Bupati Luwu Timur.

Lanjut Bupati, PABPDSI bersama-sama dengan BPD desa harus mampu menciptakan iklim yang kondusif, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap BPD desa tumbuh dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang sebesar-besarnya dari pelayanan yang diberikan oleh PABPDSI dan BPD bersama kelembagaan lainnya.

“Saya berharap kepada setiap anggota PABPDSI Kabupaten Luwu Timur dapat menyesuaikan diri dan bekerja agar paham dengan situasi kondisi potensi problem yang ada di masyarakat serta selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan dan terbuka didalam bekerja sehingga dapat melayani masyarakat secara maksimal,” ujar Bupati Budiman.

Terakhir Bupati Luwu Timur mengharapkan kepada PABDSI “Semoga dengan Program yang kami titip 1 Miliar 1 Desa silahkan bersama-sama dengan BPD melihat apa yang harus kita lakukan secara bersama-sama sehingga momemtun nantinya bisa lebih besar lagi kedepan,” harapnya.

Pelantikan dan pengukuhan PABDSI Luwu Timur dihadiri oleh Kadis DPMD, Halsen, Kapolsek Mangkutana, Ketua Umum PABDSI Provinsi Sul-Sel, Amir Sua, Sekertaris Umum PABDSI Provinsi Sul-Sel, Muhlis Basir, Ketua PABDSI Kabupaten Luwu Timur, H. Haeruddin Hasan serta Para Pengurus PABDSI Kabupaten Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo)

Redaksi menerima komentar terkait berita atau siaran pers yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
loading...